BanjarmasinPost/

Kriminalitas Banjarmasin

Polisi Gerebek Ruko Tempat Pemalsuan Surat, yang Ditemukan Bikin Mata Terbelalak!

Informasi diperoleh, dibongkarnya kelompok pemalsuan surat -surat ini tak lepas dari informasi warga akan adanya sebuah mobil mencurigakan.

Polisi Gerebek Ruko Tempat Pemalsuan Surat, yang Ditemukan Bikin Mata Terbelalak!
irfani rahman
Jajaran Unit Kendaraan Bermotor Subdit III Jatanras Polda Kalimantan Selatan menggerebek sebuah rumah toko di Jalan Banua Anyar Banjarmasin Timur 

BANJARMASINPOST,CO.ID, BANJARMASIN - Jajaran Unit Kendaraan Bermotor Subdit III Jatanras Polda Kalimantan Selatan menggerebek sebuah rumah toko di Jalan Banua Anyar Banjarmasin Timur, Kota Banjarmasin, Kalsel. Dalam penggerebekan ini petugas menemukan perangkat percetakan yang diduga sebagai sarana mencetak surat-surat palsu.

Nyelenehnya surat-surat asli tapi palsu ini sebagian juga dianggunkan ke bank untuk mendapatkan modal. Dalam aksi ini petugas menangkap dan mengamankan dua orang pembuat surat dan beberapa pengguna surat tersebut.

Informasi diperoleh, dibongkarnya kelompok pemalsuan surat -surat ini tak lepas dari informasi warga akan adanya sebuah mobil mencurigakan.

Dimana hal ini ditelusuri oleh Unit Ranmor dibawah komando Kompol Fachrul Sebastian, SIK dimana pada Senin (3/10) petugas berhasil mengamankan satu unit mobil Toyota Avanza warna merah DA 7343 TW yang diduga menggunakan BPKB palsu.

Dari situlah diamankan Salahuddin dan setelah dilakukan pemeriksaan ternyata BPKB dipegang oleh Ira (44).

Dan terungkap bahwa BPKB itu dibeli dari Noor Ipansyah,Saat pemeriksaan terungkap bahwa Ipansyah bekerja sama denghan Salahuddin dan pembuatannya dilakukan di kantor milik Ipansyah .

Maka petugas bergerak ke Jalan Jalan Pengambangan Ruko No. 10 kecamatan Banjarmasin Timur,. Disini petugas menemukan beberapa peralatan yang digunakan untuk pemalsuan surat-surat. Tak hanya disana petugas pun terus melakukan penyelidikan dan mengamankan beberapa orang diduga sempat membeli surat-surat.

Kemudian dari penggeledahan di ruko tempat pembuatan surat-surat palsu itu petugas temukan satu unit Laptop merk Apa , satu unit Charger laptop Asus, satu unit monitor merk LG, satu unit CPU merk Power Up, satu printer merk Canon warna silver , satu printer merk HP warna silver, satu unit printer merk Canon warna hitam,

Kemudian satu printer merk Fuji Xerox warna putih, dua unit Telepon rmh merk panasonic warna biru dan merk pavorit warna merah, tujuh buah bantalan stempel, tujuh buah stempel , satu unit haerdteyer merk Wigo warna merah,13 bendel Cak kosong di duga palsu, dua lembar blangko cek fisik di duga palsu, satu lembar SKTU diduga palsu, satu bendel kertas segel kosong, satu lembar AKTE CERAI diduga palsu, satu lembar KK diduga palsu,

Selabjutnya, tiga buah KTP diduga palsu! lima buah BPKB diduga Palsu, delapan lembar STNK dan SKPD diduga palsu, satu unit mesin Tik, satu buah tas laptop dan satu unit mobil Toyota Avanza warna merah no.pol. DA 7343 TW.

Direktur Kriminal Umum Polda Kalselmelalui Kasubdit III Jantantas AKBP Afebrianto yang dikonfirmasi, Ranu (11/10) siang membenarkan pihaknya mengamankan beberapa orang yang diduga terlibat pemalsuan surat dan juga pemakai dan pemasok BPKB.

Menurutnya dari pemeriksaan satu pelaku Noor Ipansyah pernah kesandung kasus yang sama yakni pemalsuan surat-surat beberapa waktu lalu dan baru keluar sel sekitar satu tahun lalu.

Penulis: Irfani Rahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help