BanjarmasinPost/

Berita Banjarmasin

Menyedihkan! Berawal dari Sakit Ringan, Ternyata Anus Buatan Bayi Eva Bermasalah

Terlahir tanpa anus, Eva Erlanda, bayi berusia 23 bulan kembali dilarikan ke Rumah Sakit Ansari Saleh, Banjarmasin akibat sakit ringan.

Menyedihkan! Berawal dari Sakit Ringan, Ternyata Anus Buatan Bayi Eva Bermasalah
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Eva bocah pemilik anus buatan menjalani rawat inap di RS Anshari Saleh karena anusnya bermasalah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Terlahir tanpa anus, Eva Erlanda, bayi berusia 23 bulan kembali dilarikan ke Rumah Sakit Anshari Saleh, Banjarmasin akibat sakit ringan. Namun setelah dilakukan pengecekan, ternyata bukan hanya permasalahan sakit ringan yang dialaminya, melainkan Eva juga menderita gizi buruk dan permasalahan pada anus buatan yang ada di pinggangnya.

"Awalnya cuma sakit ringan, tapi dia juga alami masalah anus dan ini mau di operasi lagi setelah operasi terakhir waktu dia baru lahir, " ucap perempuan yang berasal dari desa Lokrawa, Kecamatan Mandastana, Barito Kuala tersebut, Jumat (13/10).

Erna, mama Eva mengatakan ia juga baru mengetahui kalau anaknya mengalami gizi buruk. Sejauh ini ia mengatakan telah merawat anaknya layaknya bayi pada umumnya, namun pertumbuhan Eva yang terlambat tidak membuat Erna berfikiran sang anak menderita gizi buruk.

Baca: Ini Mitos Bulan Safar Bulan Sial, Ternyata Guru Ijai Bangun Rumah di Bulan Ini

Selain itu pula ia juga telah melakukan perawatan pada anus buatan yang ada ditubuh Eva. Erna mengatakan menjaga anus buatan itu dengan membersihkannya setiap hari menggunakan air.

Ia juga mengatakan kalau dokter telah memintanya untuk operasi ulang anus tersebut ketika usia bayi enam bulan. Akibat sempat terkendala biaya, akhirnya hingga bayi Eva berusia sekarang, anus buatannya belum diperbaiki. Namun di RS Ansari Saleh saat ini perawatan Eva telah dibiayai oleh Jamkesda. Eva dirawat di ruang Alexandri nomor 3B.

Baca: Tabrakan Mengerikan, Lorenzo Terpental Diterjang Sepeda Motor Crutchlow di Latihan Bebas Pertama

Sementara itu, Dokter anak yang menangani Eva, Yasmien mengatakan Eva dibawa ke rumah sakit dan masuk poli anak akibat alami gizi buruk. Namun setelah dicari penyebabnya, Yasmien mengatakan ada beberapa penyakit bawaan yang diderita Eva.

"Pas dicari penyebabnya, ada beberapa penyakit bawaan yang diderita Eva, di antaranya artesia ani, yang dimana tindakan operasi baru dilakukan satu kali padahal seharusnya kalau itu alat pembuangan sementara. Karena harusnya berak lewat anus, tapi karena gak ada makanya dibikin kolostomi atau anus buatan, padahal seharusnya ada lanjutan sampai dibikin yang lebih bagus," ucap Yasmien. (*)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help