BanjarmasinPost/

Jumat Berkah

Ini Mitos Bulan Safar Bulan Sial, Ternyata Guru Ijai Bangun Rumah di Bulan Ini

Mitos Bulan Safar Bulan Sial, Safar adalah nama bulan kedua sesudah Muharam dalam kalendar Islami (Hijriah).

Ini Mitos Bulan Safar Bulan Sial, Ternyata Guru Ijai Bangun Rumah di Bulan Ini
banjarmasinpost.co.id/abdul ghanie
Beberapa warga rela berbasahan demi mengikuti Budrah keliling tolak bala di bulan Safar penanggalan Hijriah di Sekumpul Kecamatan Martapura Kota Kabupaten Banjar Kalsel, beberapa waktu lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Mitos Bulan Safar Bulan Sial, Safar adalah nama bulan kedua sesudah Muharam dalam kalendar Islami (Hijriah).

Di sebagian kalangan masyarakat Banjar menganggap bulan Mitos Bulan Safar Bulan Sial, Safar bulan orang membuang yang buruk-buruk, maka berhati-hatilah saat bulan Safar.

Bahkan di kalangan warga lainnya menyebut, pada bulan Safar, orang-orang memiliki ilmu hitam mencari ‘mangsa’ dengan melepas kaji, ilmu dan lainnya.

Ada pula karena Bulan Safar disebut bulan orang buang sial, maka di bulan ini tensi manusia meninggi, apa-apa dibawa emosi hingga bulan ini dianggap bulan panas.

Baca: Doa Akhir Tahun Baru Hijriah - Semoga Membawa Manfaat, Amin Ya Rab!

Lantas, benarkan itu?

Ketua MUI Kalsel KH Husin Naparin Lc melalui tulisan Fikrahnya yang biasa terbit di koran Banjarmasin Post mengangkat kajiannya mengenai bulan Safar ini.

Dikutip dari tulisan beliau pada yang diterbitkan Banjarmasinpost.co.id pada Jumat, 13 Desember 2013, menurut KH Husin Nafarin, sebagian masyarakat muslim Banjar beranggapan Safar bulan sial.

Banyak yang tidak berani melakukan aktivitas kehidupan di bulan ini, seperti mengadakan perkawinan, apabila dilanggar bisa jadi tidak harmonis dan berakibat perceraian.

Perempuan hamil selalu berdoa agar tidak melahirkan di bulan Safar.

Halaman
1234
Penulis: Royyan Naimi
Editor: Royyan Naimi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help