BanjarmasinPost/

Berita kabupaten Banjar

Wow, Alat Deteksi Dini Infus Habis yang Meraih Perak di LPSN Biaya Pembuatannya Hanya Rp 61 Ribu

Ajang ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Hotel Grand Sahid.

Wow, Alat Deteksi Dini Infus Habis yang Meraih Perak di LPSN Biaya Pembuatannya Hanya Rp 61 Ribu
Istimewa
Prototipe Alat Deteksi Infus Pasien Habis yang berhasil mengantarkan santri Darul Hijrah Putri, Ristya Nada dan Auliana Salsabila Fitria meraih medali perak di gelaran Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Prototipe Alat Deteksi Infus Pasien Habis yang berhasil mengantarkan santri Darul Hijrah Putri, Ristya Nada dan Auliana Salsabila Fitria meraih medali perak di gelaran Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN).

Ajang ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Hotel Grand Sahid. Untuk mengikutinya ternyata tidaklah memerlukan modal yang mahal.

Baca: PS Mojokerto Putra Vs Martapura FC Tutup 16 Besar, Babak Perempatfinal Liga 2 Malah Ditunda, Kenapa?

Menurut Ristya dan Aulia, untuk membuat prototipe alat deteksi infus habis ini mereka hanya memerlukan peralatan menggunakan pipa paralon dan tutup pipa paralon serta papan PCB elektronik, baterai hp bekas, saklar, sirine mobil mainan bekas, jack audio kabel, lem besi, pipa PVC bekas, perpegas bekas terciptalah alat ini.

Untuk memaksimalkan fungsi alat ini, mereka menambah peralatan lampu deteksi berikut alat dioda agar tidak semua lampu menyala.

"Biaya untuk mengolah peralatan prototipe alat deteksi infus habis ini sangat murah hanya Rp61 Ribu. Padahal, Padahal alat konvensional yang ada dipasaran harganya mencapai Rp15 juta. Makanya, kami berharap alat ini bisa dikembangkan lagi dan digunakan untuk rumah sakit atau puskesmas dan klinik yang terdapat fasilitas rawat inapnya," terang Auliana.

Penulis: Hari Widodo
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help