Banjarmasin Post edisi cetak

Astaga, Program Studi yang Kedaluwarsa di ULM Tidak Cuma di FISIP!

Mahasiswa pun waswas ketika lulus menyandang gelar sarjana dari prodi yang masa akreditasinya sudah habis.

Astaga, Program Studi yang Kedaluwarsa di ULM Tidak Cuma di FISIP!
BPost cetak 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tidak hanya di FISIP, ternyata akreditasi sejumlah program studi (prodi) di beberapa fakultas di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) kedaluwarsa.

Mahasiswa pun waswas ketika lulus menyandang gelar sarjana dari prodi yang masa akreditasinya sudah habis.

Kondisi ini pun direspons Profesor Sutarto Hadi, Rektor ULM. Menurut orang nomor satu di ULM tersebut, kedaluwarsanya sejumlah prodi bukan kesalahan mereka, namun karena proses ke Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (BAN-PT). Dia pun memaklumi terbatasnya jumlah assesor di BAN-PT.

“Kami maklum jumlah assesor BAN-PT terbatas, namun demikian kami berharap BAN-PT memprioritaskan prodi-prodi yang sudah mau habis masa berlaku akreditasinya,” ucap Sutarto kepada BPost, Jumat (13/10).

Setahu dia, di BAN-PT ada ribuan berkas dan dokumen usulan reakreditasi (akreditasi ulang) prodi dari seluruh perguruan tinggi negeri (PT) dan perguruan tinggi swasta (PTS) di Indonesia.

“Jumlah PT di Indonesia lebih dari 4.000 dan setiap PT memiliki puluhan hingga ratusan prodi. Jadi, jumlah prodi sangat banyak, harap dimaklumi,” ulas dia.

Sutarto berujar, setiap lima tahun sekali, prodi diakreditasi ulang, dan prodi-prodi di ULM selalu mengikuti proses reakreditasi ketika tiba waktunya. “Nah, dalam proses reakreditasi ini kunjungan (visitasi) assesor dari BAN-PT tidak sama. Ada yang cepat ada pula yang lambat....

Lengkapnya baca koran BANJARMASIN POST edisi hari ini

Baca juga berita menarik seputar hukum, kriminalitas, olahraga, seni budaya, selebritas di koran METRO BANJAR hari ini

Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved