Berita Hulu Sungai Utara

BPBD HSU Dirikan Tenda, Tangani Korban Angin Puting Beliung

Enam anggota Polres HSU dan 10 anggota BPBD rutin mengantarkan makanan kepada korban bencana puting beliung.

BPBD HSU Dirikan Tenda, Tangani Korban Angin Puting Beliung
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurnia Wati
Polres Hulu Sungai Utara (HSU) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSU membantu korban angin puting beliung Desa Danau Vermin Kecamatan amuntai Tengah dengan membuat posko untuk memberi makanan kepada para korban. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Polres Hulu Sungai Utara (HSU) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) HSU membantu korban angin puting beliung Desa Danau Cermin Kecamatan amuntai Tengah dengan membuat posko untuk memberi makanan kepada para korban.

Selain Desa Danau Cermin, angin puting beliung juga menerpa Desa Murung Asam, Tapus Dalam dan Banyu Tajun dalam kecamatan Sungai Pandan pada Hari Kamis (12/10/2017) lalu.

Belasan rumah serta kandang ayam juga gudang mebel rusak parah, bahkan ada yang roboh dan tak bisa ditempati lagi. BPBD HSU akhirnya mendirikan Posko untuk memasak yang kemufian dibagikan kepada korban angin puting beliung.

Baca: Liverpool Vs Manchester United - Memori Whatsapp Mohamed Salah dan Jose Mourinho

Makanan dibagikan sebanyak tiga kali sehari yaitu pagi, siang dan sore. Sebagian korban tinggal dirumah anggota keluarga yang tak jauh dari rumah mereka, sehingga bantuan makanan bisa diserahkan langsung.

Bagi yang rumahnya cukup jauh BPBD dan anggota kepolisian mengantarkan makanan ke kantor desa dan aparat desa akan membantu menyalurkan ke warga. Seperti di Desa Pinang Habang dan Taous Dalam.

Baca: Angin Puting Beliung Obrak-abrik Tiga Desa di HSU, Ini Jumlah Rumah yang Rusak

"Polsek Amuntai kota juga menyediaapkan satu unit mobil untuk digunakan mengantar makanan atau keperluan lainnya," ujar Humas Polres HSU Iptu Alam Saktiswara.

Enam anggota Polres HSU dan 10 anggota BPBD rutin mengantarkan makanan kepada korban bencana puting beliung.

Baca: Angin Puting Beliung Terjang Tiga Desa di Sungai Pandan, Warga Langsung Berlarian

Di Desa Murung Asam sendiri korban angin puting beliung sebanyak lima kepala keluarga yang terdiri dari 25 jiwa. Ditambah dengan dua kandang ayam yang rusak seratus persen.

Plt Kepala BPBD HSU Hasmi Rivai mengatakan Posko didirikan untuk membantu mengurangi beban para korban angin puting beliung. Sebagian warga juga tampak mulai memperbaiki rumah mereka, dengan adanya bantuan makanan mereka tidak perlu lagi memasak dan bisa memperbaiki rumah dengan lebih cepat.

"Posko masih akan terus beroperasi hingga korban sudah cukup membaik kondisinya dan bisa memasak sendiri," ujarnya.

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help