Banjarmasin Post edisi cetak

Hebat! Santriwati Asal Kota Intan Ciptakan Pendeteksi Infus dari Peralatan Sederhana Ini

Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan santriwati Darul Hijrah Putri yang berada di 'Kota Intan' Martapura di aj

Hebat! Santriwati Asal Kota Intan Ciptakan Pendeteksi Infus dari Peralatan Sederhana Ini
BPost cetak 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Prestasi membanggakan berhasil ditorehkan santriwati Darul Hijrah Putri yang berada di 'Kota Intan' Martapura di ajang nasional Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah hotel Grand Sahid, Jakarta sejak 11-12 Oktober 2017.

Ristya Nada dan Auliana Salsabila Fitria yang membawakan karya penelitian mereka yaitu Prototipe Alat Deteksi Infus Pasien Habis berhasil meraih medali perak di gelaran yang diikuti 102 peserta dari seluruh Indonesia tersebut.

Keduanya pun mengungkapkan begitu senang dan bangga karena jerih payah mereka tidak sia-sia. “Senang, bangga bisa meraih perak. Mudah-mudahan prestasi kami bisa menjadi inspirasi bagi kawan-kawan santriwati di Ponpes Darul Hijrah Putri,” ungkap Ristya.

Menurutnya, pendeteksi infus tidaklah memerlukan biaya besar.

Mereka hanya memerlukan peralatan menggunakan pipa paralon, tutup pipa paralon, papan PCB elektronik, baterai pensel bekas, saklar, sirine mobil mainan bekas, jack audio kabel, lem besi, pipa PVC bekas, perpegas bekas. Untuk memaksimalkan fungsi alat ini, mereka menambah peralatan lampu deteksi berikut alat dioda agar tidak semua lampu menyala.

Lengkapnya baca kora BANJARMASIN POST edisi hari ini

Baca juga berita menarik seputar hukum, kriminalitas, olahraga, seni budaya, selebritas di koran METRO BANJAR hari ini

Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help