Berita Banjarbaru

Jovanto Kaget, Ternyata Dia Kalahkan 310 Peserta Lainnya di Lomba Ini

Jauh datang dari Palangkaraya Kalteng, siswa SMAN 2 Palangkaraya ini sukses menjadi juara satu mengalahkan 310

Jovanto Kaget, Ternyata Dia Kalahkan 310 Peserta Lainnya di Lomba Ini
Banjarmasinpost.co.id/Milna Sari
Ekspresi saat menerima hadiah karena juara pertama Mathematics Challenge ke tujuh 2017 Himatika Real FMIPA ULM, Sabtu (14/10). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Ekspresi kaget terpancar di wajah Jovanto saat namanya dibacakan sebagai juara pertama Mathematics Challenge ke tujuh 2017 Himatika Real FMIPA ULM, Sabtu (14/10). Diantara 30 peserta yang lolos ke babak semifinal dirinya lolos menjadi juara satu dengan perolehan nilai 275.

Jauh datang dari Palangkaraya Kalteng, siswa SMAN 2 Palangkaraya ini sukses menjadi juara satu mengalahkan 310 peserta lain dari SMA Sederajat di Kalselteng.

Sebelumnya ungkap Jovanto dirinya tak menyangka akan menjadi juara. Siswa yang kedua kalinya mengikuti Mathematics Challenge ini awalnya menjadi juara harapan tiga. "Senang ada peningkatan dan jauh sekali sampai jadi juara pertama," ucapnya setelah penyerahan hadiah.

Himatika Real FMIPA ULM kali itu mengadakan Mathematics Challenge ke tujuh yang merupakan agenda tahunan Himatika. Sejak 31 September 2017 lalu mulai diadakan penjaringan peserta dari 16 regional di Kalselteng. Tahun ini ungkap ketua pelaksana, Nugroho Arif Wicaksono ada penambahan regional yaitu Kabupaten Balangan.

Jumlah peserta sejak awal sendiri ada 310 orang terdiri dari berbagai SMA sederajat di Kalselteng. Kemudian mereka diseleksi hingga 30 orang yang masuk dalam semifinal.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya tambah Nugroho, tahun ini penjaringan peserta dilakukan secara online termasuk seleksi-seleksi lanjutan. Hanya di tahap semifinal diadakan pertemuan langsung dengan peserta.

Selain olimpiade matematika, juga ada game matematika dan seminar matematika yang diadakan dalam rangka Mathematics Challenge ke tujuh 2017.

Juara satu Mathematics Challenge selain mendapatkan piala dan uang tunai juga mendapatkan golden tiket untuk masuk menjadi mahasiswa program studi Matematika FMIPA ULM dengan jalur mandiri.

"Selain sebagai agenda rutin, MC ini juga sebagai sarana untuk mempromosikan program studi Matematika FMIPA ULM dan mencari bibit-bibit generasi muda yang berbakat di bidang ilmu matematika," jelasnya.

Penulis: Milna Sari
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved