Insight

Dulu Sempat Minder, Kini Galuh Kabupaten Banjar 2015 Ini Senang Pakai Sasirangan

Gadis yang juga mahasiswi Program Studi Matematika FMIPA ULM ini mengatakan senang kini lebih banyak anak muda yang memakai Sasirangan.

Dulu Sempat Minder, Kini Galuh Kabupaten Banjar 2015 Ini Senang Pakai Sasirangan
Istimewa
Rizky Muthmainnah Galuh Kabupaten Banjar 2015 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Menyandang predikat sebagai Galuh Kabupaten Banjar 2015 membuat Rizky Muthmainnah menjadi peduli terhadap kebudayaan daerah. Termasuk kain khas Banjar yaitu Sasirangan.

Gadis yang juga mahasiswi Program Studi Matematika FMIPA ULM ini mengatakan senang kini lebih banyak anak muda yang senang memakai Sasirangan.

Kain dengan motif khas Banjar itu kini ramai dipakai muda mudi Banua baik dalam bentuk pakaian hingga aksesoris. Di kalangan teman-temannya saja tambah Rizky kini sudah banyak yang memakai Sasirangan.

Bahkan di kampusnya juga ada Batik Sasirangan (Basir) Day yaitu hari dimana semua mahasiswa diminta untuk memakai Batik atau Sasirangan. Kini tambah Rizky Sasirangan sudah bisa ditemukan dengan mudah.

Baca: Ya Ampun Sophia Latjuba Digigit Anjing, Malah Berucap Akan Mencintainya Sampai Mati

Tak hanya berbentuk kain, Sasirangan kini juga sudah dibuat jadi dengan bentuk tas, kerudung, jaket hingga sepatu.

Akibatnya banyak remaja dan mahasiswa yang memakainya. "Dibanding dulu saya mengajak orang lain untuk pakai Sasirangan minder juga, wajar juga karena harga Sasirangan dulu mahal dan ribet membuatnya," jelasnya.

Dahulu harga Sasirangan juga lebih mahal cukup menguras kantong mahasiswa. Namun kini dengan kemajuan teknologi dan inovasi masyarakat harga Sasirangan menjadi lebih terjangkau.

Baca: Ngeri Tarung Gladiator Anak SMP, Belum Berhenti Sebelum KO

Motif dan warna Sasirangan juga lebih cerah dan lebih atraktif dari jaman dahulu. Hal ini membuat remaja dan anak muda lebih tertarik memakai Sasirangan.

"Kalau dulu saya sering ditolak ngajak teman-teman pakai Sasirangan, sekarang bahkan saya bisa jualan Sasirangan," jelas mahasiswi semester akhir ini. (rii)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help