Berita Hulu Sungai Utara

Tak Cuma Sepeda, Disdik HSU Juga Bisa Beri Beasiswa Kelotok, Ini Syaratnya

Dinas Pendidikan Kabupaten HSU baru saja menyerahkan 396 sepeda kepada siswa kurang mampu dan letak sekolahnya cukup jauh dari rumah.

Tak Cuma Sepeda, Disdik HSU Juga Bisa Beri Beasiswa Kelotok, Ini Syaratnya
banjarmasinpost.co.id/reni kurniawati
Dinas Pendidikan Kabupaten HSU baru saja menyerahkan 396 sepeda kepada siswa kurang mampu dan letak sekolahnya cukup jauh dari rumah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Dinas Pendidikan Kabupaten HSU baru saja menyerahkan 396 sepeda kepada siswa kurang mampu dan letak sekolahnya cukup jauh dari rumah.

Program pengentasan angka putus sekolah ini sudah dijalankan sejak tqhun 2013 dan hingga saat ini telah membagikan 1.505 sepeda kepada siswa. Dan program ini ampuh karena masih banyak siswa yang putus sekolah karena tidak memiliki alat transportasi.

Lalu apa saja syarat agar bisa mendapatkan beasiswa ini? Kepala Dinas Pendidikan Rahmat mengatakan syarat utama adalah siswa berasal dari keluarga kurang mampu, yang dibuktikan dengan keterangan dari aparat desa.

Baca: Bupati Latif Sebut Gaji Minus Sebelum Akhir Bulan, Bikin Oknum PNS HST Malas Kerja

Syarat kedua adalah berjanji untuk melanjutkan sekolah ke jenjang berikutnya, misalkan penerima beasiswa adalah siswa SMP maka ada kesepakatan untuk mendapatkan beasiswa harus mau melanjutkan ke tingkat SMA, jika penerima berada di tingkat akhir.

Beasiswa juga diberikan kepada siswa yang berisiko putus sekolah, dan penerima bisa berasal dari siswa tingkat pertama namun karena keterbatasan biaya memiliki risiko putus sekolah.

"Dengan pemberian beasiswa dalam bentuk sepeda, siswa dan masyarakat lebih merasa diperhatikan oleh pemerintah, bahwa melanjutkan pendidikan itu adalah hal yang sangat penting," ujarnya.

Baca: Ngeri! Minuman Energi Sebabkan Seorang Pria Alami Pendarahan Otak, Begini keadaannya Sekarang

Syarat lain adalah letak rumah jauh dari sekolah, namun syarat ini tidak mutlak karena meskipun berada dekat dengan sekolah namun memiliki risiko putus sekolah dan tergolong dalam keluarga tidak mampu juga bisa mendapatkan beasiswa ini.

Pemilihan penerima beasiswa bekerjasama dengan UPTD di setiap kecamatan dan Kepala sekolah. "Kepala sekolah memberikan usulan, dilakukan pengecekan oleh UPTD dan diteruskan ke Kepala Daerah," tambah Rahmat.

Baca: Begini Cara Disdik HSU Tekan Angka Putus Sekolah

Bukan hanya sepeda, bantuan transportasi juga bisa dalam bentuk kelotok atau perahu bermesin bagi sekolah yang berada di daerah rawa. Pada tahun 2013 Dinas Pendidikan juga pernah memberikan bantuan kelotok, namum untuk tahun ini tidak diberikan sebab tidak ada permintaan dari sekolah.

"Rumah warga yang letaknya cukup jauh dari sekolah dan hanya bisa dilalui menggunakan transportasi air bisa mengajukan beasiswa kelotok, dengan syarat pihak sekolah juga menyediakan orang yang mau mengemudikan kelotok setiap hari untuk antar juemput siswa," ungkapnya.

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help