Berita Hulu Sungai Utara

Luas Tanam Padi di HSU Mencapai 25.343 Hektare, Sudah Mencapai Target?

"Lahan lebak dangkal memang lebih sedikit dibanding lahan lebak tengahan yang luasnya mencapai 15000 hektar," ujarnya.

Luas Tanam Padi di HSU Mencapai 25.343 Hektare, Sudah Mencapai Target?
Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurnia Wati
Seperti di Desa Panyiuran, Kecamatan Amuntai Selatan yang juga mendapat kunjungan dari Bupati HSU Abdul Wahid saat masa panen. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Sebagian lahan pertanian di Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) sudah memasuki masa panen, yaitu pada lahan lebak dangkal. Seperti pada Desa Panyiuran Kecamatan Amuntai Selatan yang saat ini memiliki lahan pertanian seluas 30 hektare dengan varietas cibogo dua kali tanam.

Kegiatan panen padi ini juga dihadiri oleh Bupati HSU Abdul Wahid dan Kepala Dinas Pertanian Ir Ilman Hadi. Ilman Hadi mengatakan lahan lebak dangkal di Kabupaten HSU seluas 6.000 hektar.

"Lahan lebak dangkal memang lebih sedikit dibanding lahan lebak tengahan yang luasnya mencapai 15000 hektar," ujarnya.

Baca: Video Viral - Keren, Lagu Ampar-ampar Pisang Versi EDM, Cicok buat Teman Dugem

Masa tanam untuk lahan lebak tengahan meang lebih lambat karena menunggu air benar benar surut. Target tanam yang dicanangkan oleh pemerintah daerah adalah 26.043 hektare, dan lahan yang telah ditanam seluas 25.343 hektare, mendekati target.

Baca: Menyeramkan, Warga Temukan Sosok Aneh Mirip Jenglot di Pantai, Bikin Gemetaran!

"Meskipun belum mencapai target namun jumlah ini lebih tinggi dari luas tanam tahun lalu yaitu 25.282 hektare," ujar Ilman Hadi.

Dirinya berharap curah hujan tidak tinggi dan tidak ada kiriman air dari Kabupaten tetangga agar petani bisa panen seluruhnya. "Untuk lahan lebak tengahan perlu waktu sekitar satu bulan lagi untuk memasuki masa panen, beberapa waktu lalu air sempat menggenangi beberapa persawahan namun hanya dua hari dan surut kembali," ujarnya.

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved