Life Style

Mau Cari Uang Jajan Tambahan? Nggak Usah Galau, Cukup Bermodal Satu Laptop

Maka dari itu, waktu kuliah pun tak boleh disia-siakan. Sebab, saat itu, mahasiswa punya kesempatan besar

Mau Cari Uang Jajan Tambahan? Nggak Usah Galau, Cukup Bermodal Satu Laptop
THINKSTOCK.COM
Ilustrasi mahasiswa mengerjakan tugas dengan laptop 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Bagi mahasiswa baru, dunia kuliah menjadi fase awal mendapatkan pengetahuan dan pengalaman berbeda. Inilah waktunya mahasiswa mengeksplorasi diri untuk persiapan menyambut dunia kerja mendatang.

Maka dari itu, waktu kuliah pun tak boleh disia-siakan. Sebab, saat itu, mahasiswa punya kesempatan besar lewat kegiatan berorganisasi, atau bahkan cari kerja sampingan. Nah, apa saja manfaatnya?

Universityherald.com, Rabu (29/06/2016), menuliskan bahwa sebelum mendapat gelar, mahasiswa bisa memiliki kesempatan besar untuk memperoleh penghasilan melalui pekerjaan sampingan jika mereka punya nilai dan kemampuan yang dapat diandalkan.

Punya banyak manfaat

Memiliki pekerjaan sampingan punya banyak manfaat. Salah satunya, mengasah kemampuan atau skill. Dunia kerja dengan persaingan yang ketat nantinya menuntut siapa pun memiliki kemampuan yang bisa dijadikan daya tawar.

Misalnya, kemampuan menulis dengan menguasai beberapa penggunaan peranti lunak atau aplikasi. Contoh, kalau Anda suka menulis naskah dan berkeinginan kerja di rumah produksi, belajarlah membuatnya menggunakan aplikasi Celtx. Kemampuan itu dapat dijual ketika Anda mencari pekerjaan sampingan yang linear.

Tak hanya itu, kerja sampingan juga bisa mendorong Anda melakukan hal baru. Bila Anda dituntut untuk bekerja mengutak-atik berbagai aplikasi yang baru dikenal, jadikan hal itu sebagai ajang menantang diri untuk meningkatkan kemampuan.

Fleksibilitas dan jenis pekerjaan

Menemukan pekerjaan sampingan yang tepat tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan uang jajan, tetapi juga memaksimalkan kemampuan mahasiswa dalam mengatur waktu antara deadline kerja dan kegiatan kuliah lainnya.

Sayangnya, bila tidak pintar mengatur waktu, kuliah dan pekerjaan bisa hancur bersamaan. Karenanya, butuh trik untuk menyeimbangkan keduanya. Paling tidak, jangan sampai pekerjaan sampingan malah jadi beban.

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved