Berita Kalteng

Persiapan Lebih Matang Jadinya Kalteng Bebas Asap, Ini Buktinya

Meski dalam dua bulan ini hampir setiap hari ada saja terjadi kebakaran lahan di Wilayah Kalimantan Tengah.

Persiapan Lebih Matang Jadinya Kalteng Bebas Asap, Ini Buktinya
Ist
Kebakaran hutan di Kalteng terpantau dari udara 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Meski dalam dua bulan ini hampir setiap hari ada saja terjadi kebakaran lahan di Wilayah Kalimantan Tengah.

Tetapi kondisi kebakaran lahan masih bisa diatasi oleh petugas sehingga kebakaran lahan tidak menyebabkan kabut asap tebal menyelimuti Palangkaraya.

Tentu hal ini juga dibantu dengan seringnya terjadi hujan alam yang turun dalam intensitas tinggi dan sering mengguyur lokasi lahan yang terbakar dipinggiran kota.

Itu juga dibantu dengan adanya kerja keras dan persiapan dari pihak petugas pemadam kebakaran dalam memadamkan lahan yang terbakar bisa diantisipasi dengan segera.

Baca: Berita Heboh! Warga Klaten Ditemukan Tanpa Kepala di Sampit, Kenapa Bisa Begitu?

"Memang jika dibandingkan tahun 2015 lalu, kebakaran lahan tahun ini masih bisa diatasi, karena hujan sering turun sehingga lahan gambut jadi basah dan tak mudah terbakar,"ujar Alfi, salah satu petugas damkar di Palangkaraya,Selasa (17/10/2017).

Menurut dia, pihaknya hanya bisa memadamkan api dari darat yang jika lokasi kebakaran bisa dijangkau oleh jalur darat menggunakan slang air.

Baca: Jadwal Liga Champions Eropa 2017 - Ini Jadwal Siaran Langsungnya, Check It Out

"Jika lokasi terbakar terlalu jauh masuk ke dalam hutan menjadi tugas pemadaman udara yang memadamkannya dari udara menggunakan helikopter,"ujarnya.

Kepala BPBD Kalteng, Darliansjah, mengatakan, pihaknya mendapat bantuan empat helikooter untuk pemadaman tersebut yang dikirim dari pusat. (faturahman/www.banjarmasinpost co.id)

Penulis: Fathurahman
Editor: Elpianur Achmad
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help