Poin-poin Arahan Jokowi kepada Sri Mulyani Dalam Mengawasi Penggunaan Dana

Pemerintah tampaknya lebih menyeriusi alokasi dana desa. Terbukti, Rabu (18/10) siang, Presiden Joko Widodo

Poin-poin Arahan Jokowi kepada Sri Mulyani Dalam Mengawasi Penggunaan Dana
BPost cetak 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Pemerintah tampaknya lebih menyeriusi alokasi dana desa.

Terbukti, Rabu (18/10) siang, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama sejumlah menteri terkait menggelar rapat guna membahas dana desa.

Presiden Jokowi kabarnya ingin pelaksanaan dana desa efektif dan efisien sehingga bisa menggerakkan ekonomi setiap desa dan melepaskan masyarakat dari jurang kemiskinan.

Demikianlah arahan Jokowi yang disampaikan ulang oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati usai rapat kabinet terbatas di Istana Bogor, Jakarta.

“Tadi bapak presiden meminta menteri terkait memperhatikan di dalam hal desain penggunaan dana desa terutama di 2018. Pedoman bapak presiden selama ini penggunaan dana desa dipakai untuk beberapa tujuan, pembangunan prasarana dan sarana desa, institusi atau organisasi,” kata Sri Mulyani.

Pertama, dana desa seharusnya dikelola dan digunakan langsung oleh masyarakat. Misalnya, dalam pembangunan sarana dan prasarana dasar. Tidak dianjurkan untuk dikelola oleh pihak ketiga.

“Jadi diswakelolakan atau dijalankan sendiri, dengan penyerapan tenaga kerja yang maksimal, semacam pemberian untuk tenaga kerja yang nyerap di desa itu sendiri, lalu yang mendapatkan upah dari dana desa tersebut sehingga menimbulkan daya beli,” jelasnya.

Kedua, Jokowi meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Kementerian Perhubungan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) agar memaksimalkan masyarakat desa dalam pembangunan infrastruktur dasar.

Lengkapnya baca koran BANJARMASIN POST edisi hari ini

Baca juga berita menarik seputar hukum, kriminalitas, olahraga, seni budaya, selebritas di koran METRO BANJAR hari ini

 

Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved