BanjarmasinPost/

Berita HSS

Bina Enam Kelompok Tani Yang Siap Padamkan Api, PT SAM Miliki Tim Khusus Penanggulangan Karhutla

PT Subur Agro Makmur (SAM) di Kecamatan Daha Barat, Hulu Sungai Selatan (HSS) memiliki tim khusus dalam penanggulangan Karhutla.

Bina Enam Kelompok Tani Yang Siap Padamkan Api, PT SAM Miliki Tim Khusus Penanggulangan Karhutla
banjarmasinpost.co.id/aprianto
Tim Reaksi Cepat PT SAM foto bersama dengan BPBD Kalsel, BPBD HSS dan management PT SAM 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - PT Subur Agro Makmur (SAM) di Kecamatan Daha Barat, Hulu Sungai Selatan (HSS) memiliki tim khusus dalam penanggulangan kebakaran lahan dan hutan (Karhutla).

Ada total 92 anggota yang tergabung dalam tim reaksi cepat dan tim fire brigade. Mereka selalu siap siaga dalam menanggulangi Karhutla.

"Dalam setiap hari ada 20 anggota yang aktif stand by untuk siaga dalam mengatasi Karhutla," kata Kepala Fire Protection, PT SAM, Atim, Jumat, (20/10).

Selain itu, ada 25 anggota yang khusus menggunakan perahu yang dilengkapi peralatan pemadam kebakaran yang juga standy bila diperlukan untuk memadamkan api di wilayah jalur yang harus menggunakan perahu.

Baca: NEWSVIDEO: Status Darurat Tinggal Sepekan, Perlengkapan Siaga Karhutla Tetap Disiagakan

"Untuk bisa menanggulangi Karhutla ada sejumlah faktor. Peralatan, sumber daya manusia (SDM), sumber air dan kecepatan mengetahui titik api," lanjutnya.

Untuk itu, pihaknya menerapkan sistem deteksi dini melalui patroli dan tim menara pantau untuk mengetahu titik panas dan sumber api dengan cepat.

Koordinasi tim dikatakannya sangat diperlukan. Mulai dari tim patroli, selanjutnya tim reaksi cepat, tim utama hingga tim perahu untuk bekerjasama memadamkan sumber api sesuai dengan kondisi lokasi sumber api.

"Tim reaksi cepat dan tim fire brigade tidak hanya ditugaskan untuk lokasi areal perusahaan, namun juga untuk wilayah di luar perusahaan di tiga kecamatan yang ada di Nagara," tambahnya.

Baca: Persiba Balikpapan Vs Barito Putera, Pora Bikin Laskar Antasari Unggul 1-0, Tonton Laganya di Sini

Selain itu, pihaknya juga ada melakukan pembinaan kepada enam kelompok tani yang ada di Kecamatan Daha Utara dan Daha Selatan terkait dengan bahayanya Karhutla.

Ada kelompok masyarakat peduli api (MPA), kelompok tani peduli api (KTPA) dan jajaran barisan pemadam kebakaran (BPK) diwilayah Nagara yang selalu bersinergi untuk membantu menanggulangi Karhutla di Nagara.

"Satu kelompok ada 10 anggota. Mereka juga dilengkapi dengan peralatan untuk memadamkan api," lanjutnya.

Selain itu, ditegaskannya bahwa pihaknya juga bersinergi dengan semua pihak terkait mulai dari Pemerintah daerah HSS, BPBD HSS, aparat kepolisian, kecamatan dan masyarakat sekitar untuk sama-sama menganggulangi bila ada kebakaran di wilayah Nagara. (*)

Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help