Advertorial

Serunya Permainan Tradisional dalam Festival Dangsanak Adaro 2017

Dari sejumlah permainan yang dilombakan SMAN 1 Tanjung jatuh sebagai pemenang perlombaan dari tingkat SMA.

Serunya Permainan Tradisional dalam Festival Dangsanak Adaro 2017
Yayasan Adaro Bangun Negeri
Konsentrasi, peserta lomba secara serius membidik sasaran dalam permainan bapicis-1 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Lomba Permainan Tradisional menjadi salah satu acara yang diinisiasi Bidang Sosial Budaya Yayasan Adaro Bangun Negeri (YABN) pada Jumat (20/10/2017).

Kegiatan yang menjadi rangkaian dalam Festival Dangsanak Adaro (FDA) ini dilaksanakan di area exhibition Taman Giat kota Tanjung, permainan tradisional dipilih untuk mengenalkan kembali budaya lokal yang ada diwilayah Tabalong dan sekitarnya.

Ignatius Iryanto, Pimpinan YABN dalam sambutannya menyampaikan, permainan tradisional sudah sangat jarang dimainankan anak-anak di daerah pada saat ini.

"Kami begitu perihatin melihat anak-anak semakin banyak menghabiskan waktunya untuk bermain gadget.

Dalam kesempatan lomba permainan tradisional kali ini FDA juga menjadi festival bagi anak-anak di daerah Tabalong untuk mengenalkan kembali budaya lokal,” ujarnya.

Lebih lanjut Ignatius menyampaikan, permainan tradisional cenderung lebih memicu kreatifitas anak karena penggunaan barang-barang lokal di sekitar sebagai alat bermain.

Hal ini lebih dapat memicu syaraf motorik dibanding permainan modern.

“Dengan permainan tradisional, aspek motorik dan kreatifitas anak secara langsung dapat terpicu, ini lah yang ingin dilakukan YABN bersama dengan Forum Anak Daerah (FAD) Tabalog untuk mendorong anak-anak yang ada memainkan kembali permainan tradisional yang ada karena memiliki banyak manfaat bagi anak,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut sejumlah permainan ditampilkan bagi seluruh peserta kegiatan, permainan Balogo, Asinan, Badamprak Tali Ulai hingga Baduku menjadi permainan yang coba dikenalkan kembali bagi siswa peserta kegiatan.

Selain menampilkan sejumlah permainan tradisional, pada kegiatan yang dilaksanakan kali ini juga mengajak siswa secara langsung memainkan sejumlah permainan tradisional yang ada beberapa permainan yang dilombakan.

Halaman
12
Penulis: Dony Usman
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help