Berita Balangan

Madrasah di Balangan Ini Gelar Pemilu Ketua OSIS, Bilik Suaranya dari Karton Air Mineral

12 peserta calon OSIS MTsN 4 Balangan bakal bersaing ketat untuk memperebutkan kursi no satu di sekolah tersebut.

Madrasah di Balangan Ini Gelar Pemilu Ketua OSIS, Bilik Suaranya dari Karton Air Mineral
BANJARMASINPOST.co.id/muhammad elhami
Pemilihan ketua OSIS MTsN 4 Balangan, Sabtu (21/10/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - 12 peserta calon OSIS MTsN 4 Balangan bakal bersaing ketat untuk memperebutkan kursi no satu di sekolah tersebut.

Agar para pemilih yaitu para siswa mengetahui seperti visi misi para calon, bertempat di aula setempat pihak sekolah menggelar orasi visi dan misi.

Kepala MTsN 4 Balangan, Syamsul Bahri, mengatakan pemilihan OSIS dilaksanakan seperti layaknya pemilihan langsung namun ini dalam lingkup sekolah.

Puncak pemilu sendiri digelar hari ini Sabtu, 21 Oktober 2017 dimana sebelum itu rangkaian demokrasi harus dijalankan dulu.

"Pemilu OSIS ini sekaligus bertujuan untuk memberikan pelajaran demokrasi kepada para siswa di madrasah, dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil," jelasnya.

Lebih lanjut total calon 12 orang ini berasal dari kelas 7 dan 8, meski ditingkat MTsN namun para pemilih harus mengenal langsung para calonnya.

Melalui orasi penyampaian visi dan misi para calon ini diharapkan siswa sebagai pemilih mengenali calonnya.

"Saya juga menyampaikan bahwa dalam demokrasi ada menang dan kalah, oleh karena itu mereka para calon juga harus siap menang dan siap kalah," katanya.

Menurutnya melalui kegiatan ini dapat menumbuhkan jiwa muda yang melek demokrasi, sanggup berkompetesi sehat dan dinamis.

Juga belajar mengaplikasikan demokrasi di madrasah guna mewujudkan warga MTsN 4 Balangan mencintai demokrasi yang bertanggung jawab sebagai sarana politik di Indonesia. (Muhammad elhami)

Penulis: Elhami
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help