Matikan Fitur Google Maps Bila Tak Ingin Orang Lain Tahu Pergerakan Anda

Apa yang membedakan peta cetak dengan peta digital? Nyatanya bukan cuma kemudahan kita mencari jalan dan pengarahan navigasi

Matikan Fitur  Google Maps Bila Tak Ingin Orang Lain Tahu Pergerakan Anda
banjarmasinpost.co.id/google
Tampilan Google Maps 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Apa yang membedakan peta cetak dengan peta digital? Nyatanya bukan cuma kemudahan kita mencari jalan dan pengarahan navigasi saja, peta digital juga merekam jejak pergerakan kita.

Coba deh kamu masuk ke fitur Location Histroy ke GMaps dengan akun sehari-hari yang kamu pakai. Di sana, kamu akan menemui rekaman perjalanan kita dari satu tempat ke tempat lain. Kita bisa melihatnya berdasarkan rentang tanggal tertentu, atau dalam rentang bulanan.

Gimana, akurat kan rekaman jejaknya? Ya iyalah, kemana kita pergi, kan, kita selalu mengantongi smarhphone, gadget yang mengirimkan data keberadaan kita tanpa kita sadari.

Baca: Konon, 5 Lagu Ini Dianggap Terkutuk di Seluruh Dunia, No 1,2,3 Bikin Merinding

Sebagian orang mungkin nggak masalah dengan keterlacakan dirinya itu. Atau bahkan menyukai fitur tersebut, karena jadi bisa mengingat rute perjalanannya, misal.

Tapi, nggak sedikit juga yang merasa risih. Jejaknya ternyata direkam oleh orang yang nggak dikenal, tanpa disadari, pun nggak tahu akan digunakan untuk apa data kita itu.

Untuk yang doyan, ternyata kita masih bisa menonaktifkan fitur itu. Pertama, buka dulu Google Maps Location History, terus masuk ke menu History Setting. Kamu bisa mengaktifkan dan menonaktifkan layanannya di situ.

Baca: Yuk Intip Kebiasaan Makan Orang Terkaya di Dunia, Ternyata Makanannya Tidak Mahal

Tapi, menonaktifkan layanan nggak bikin rekaman perjalanan kita di masa lalu terhapus. Kalau mau, kamu bisa melakukannya dengan menghapusnya di data rekaman di kurun waktu tertentu. Terus, tinggal klik tombol hapus deh.

Ya, semoga aja, perusahaan teknologi raksasa ini nggak diam-diam punya kebijakan lain yang memersilakannya tetap mengambil data jejak perjalanan kita dengan cara yangnggak kita tahu.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved