Berita Balangan

Satu-satunya di Kalsel, SMKN 1 Paringin Berhasil Jadi Finalis Lomba Inovasi Pendidikan Ini

Adapun total sekolah seluruh Indonesia yang menjadi finalis dalam ajang yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan

Satu-satunya di Kalsel, SMKN 1 Paringin Berhasil Jadi Finalis Lomba Inovasi Pendidikan Ini
elhami
SMKN 1 Paringin menjadi wakil satu-satunya untuk Kalimantan Selatan menjadi Finalis Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru Pendidikan Menengah Tahun 2017. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - SMKN 1 Paringin menjadi wakil satu-satunya untuk Kalimantan Selatan menjadi Finalis Lomba Inovasi Pendidikan Karakter Bangsa Bagi Guru Pendidikan Menengah Tahun 2017.

Adapun total sekolah seluruh Indonesia yang menjadi finalis dalam ajang yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ini adalah sebanyak 80 sekolah.

Tim Pendidikan Karakter SMKN 1 Paringin, Izuddin Syarif mengatakan, sebelumnya ada 200 sekolah yang disaring, kemudian terpilihlah 80 sekolah termasuk SMKN 1 Paringin.

Menurutnya, penilaian akhir akan dilakukan mulai tanggal 24 sampai 26 bulan November 2017.

Lebih lanjut dijelaskannya, SMKN 1 Paringin mengajukan proposal dilomba ini sejak bulan Februari 2017 dengan judul program PRKU yaitu PRestasiku RewardKu.

Program ini katanya, menyulap ruang kelas jadi musholla dan partisipasi mandiri peserta didik bawa al quran dan sajadah guna pembentukan integritas dalam diri peserta didik.

"Prinsip program PRKU ini adalah menumbuhkan integritas dalam diri peserta didik melalui kegiatan ibadah sholat dhuha, zuhur, tadarus dn sadakah yang semuanya dicatat dalam jurnal afektif," ujarnya.

Lebih lanjut menurutnya, capaian itu disebut dengan prestasi ibadah disebut Prestasiku.

Sedangkan evaluasi dilakukan bulanan sejak Juli 2017, peserta didik yang mencapai target dan mendapat poin tertinggi di kelasnya akan mendapat hadiah disebut Rewardku.

"Hadiah yang dimaksud adalah berbentuk imunitas atau kekebalan bagi peserta didik laki-laki selama sebulan tidak perlu memotong rambut dengan aturan SKI3," ungkapnya.

Sementara yang perempuan imunitas berupa tidak perlu piket kelas selama sebulan.

Setiap bulan peserta lomba pendidikan karakter wajib melaporkan capaian ke panitia pusat, karya terbaik se Indonesia akan diberi kesempatan presentasi di Jakarta di bulan Nopember menjelang puncak peringatan hari guru nasional.

"Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMKN 1 Paringin menjadi salah satu finalis lomba dari sekolah kejuruan satu-satunya di Kalsel," pungkasnya.

Penulis: Elhami
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help