Berita Balangan

Tuhalus Minta Petani Diamkan Karet Satu Minggu Baru Dijual, Puncak Harga Karet Capai Rp 9.000

Informasi terbaru saat ini harga karet di Bumi Sanggam mentok Rp 4000, mungkin di kecamatan lain berbeda

Tuhalus Minta Petani Diamkan Karet Satu Minggu Baru Dijual, Puncak Harga Karet Capai Rp 9.000
humas pemkab balangan via banjarmasinpost.co.id/elhami
Aktivitas salah satu warga Balangan saat menyadap karet. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Persoalan harga karet di Kabupaten Balangan harus terus menjadi perhatian pemerintah.

Informasi terbaru saat ini harga karet di Bumi Sanggam mentok Rp 4000, mungkin di kecamatan lain berbeda, tetapi salah satu kecamatan yang dikonfirmasi BPost yakni Kecamatan Juai tepatnya di Desa Hamarung harga karet terendah Rp 4000.

Salah satu petani karet yang dikonfirmasi BPost adalah Toni, ia menyebutkan karet kualitas biasa hanya Rp 4000 sampai Rp 4500, sedangkan karet kualitas baik hanya Rp 5000 sampai Rp 5500.

Menurutnya, puncak harga tertinggi harga karet pernah Rp 9000 pada beberapa bulan yang lalu namun tak berangsur lama kembali turun perlahan hingga akhirnya mencapai Rp 4000.

"Kondisi harga demikian sudah 1 bulanan ini," ujarnya.

Selain masalah harga yang tak pernah stabil, saat ini pun perolahan karet mulai berkurang, tak diketahui apa penyebabnya, jika dilihat dari situasi cuaca hujan ada saja turun, semestinya karet yang dihasilkan tetap.

"Ini malah berkurang, satu hari anggap saja dapat satu ember karet sekitar 15 kg yang dipanen, sekarang setengahnya saja lagi sekitar 6 kg," ungkapnya.

Oleh karena, itu ia mengaku situasi ini cukup menyulitkan pasalnya karet merupakan salah satu penghasil utama warga, meski demikian untuk mencukupi pendapatan ia mulai juga menggarap lahan untuk tanam padi.

"Tapi disini setahun cuma satu kali bisanya untuk tanam padi, harapannya kalau bisa dua kali," ujarnya.

Ia mengharapkan, terkait harga karet ini pemerintah berupaya mewujudkan agar harga karet stabil minimal di harga Rp 7000, seperti halnya janji Bupati Balangan dulu yang disampaikannya saat kampanye.

Halaman
12
Penulis: Elhami
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved