Ekonomi dan Bisnis

Aneka Kredit Properti Bisa Dilayani BNI Syariah, Asal

Griya IB Hasanah adalah fasilitas pembiayaan konsumtif yang diberikan BNI Syariah kepada anggota masyarakat untuk membeli

Aneka Kredit Properti Bisa Dilayani BNI Syariah, Asal
rep
BNI Syariah

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Griya IB Hasanah adalah fasilitas pembiayaan konsumtif yang diberikan BNI Syariah kepada anggota masyarakat untuk membeli, membangun, merenovasi rumah termasuk ruko, rusun, rukan, apartemen dan sejenisnya, dan membeli tanah kavling serta rumah inden.

Nilai pembiayaan disesuaikan dengan kebutuhan pembiayaan dan kemampuan membayar kembali masing-masing calon.

Sebagaimana dikatakan Fendy Rakmat Ardiansyah, Junior AO Unit Pembiayaan Produktif, produk itu untuk memfasilitasi kebutuhan perumahan masyarakat.

Syaratnya, Warga Negara Indonesia usia minimal 21 tahun dan maksimal sampai dengan saat pensiun pembiayaan harus lunas.

Kemudian berpenghasilan tetap dan masa kerja minimal 2 tahun.Mengisi formulir dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan.

"Prosedurnya, nasabah datang ke BNI Syariah untuk mengajukan pembiayaan pembelian rumah. Setelah itu pihak kami melakukan verifikasi usaha atau pekerjaan nasabah," paparnya.

Setelah disetujui, maka BNI Syariah akan memberi akad wakalah (akad mewakili bank untuk memilih dan membeli rumah/perpanjangan bank).

BNI Syariah membeli rumah tersebut baik kepada developer maupun penjual rumah tadi. Kemudian rumah tadi dijual BNI Syariah kepada nasabah yang kemudian nasabah membeli secara cicilan sesuai harga rumah yang telah disepakati bersama.

"Perhitungannya itu angsuran maksimal sebesar 40 persen dari gaji atau pendapatan nasabah," jelasnya.

Maksimum pembiayaan Rp5 miliar. Jangka waktu pembiayaan sampai dengan 15 tahun kecuali untuk pembelian kavling maksimal 10 tahun atau disesuaikan dengan kemampuan pembayaran.

Jangka waktu sampai 20 tahun untuk nasabah fixed-income. Uang muka ringan yang dikaitkan dengan penggunaan pembiayaan. Angsuran tetap tidak berubah sampai lunas.

Pembayaran angsuran melalui debet rekening secara otomatis atau dapat dilakukan di seluruh Kantor Cabang BNI Syariah maupun BNI Konvensional. (BANJARMASINPOST.co.id/salmah)

Penulis: Salmah
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help