Ekonomi dan Bisnis

Sampai Oktober 2017 Ada 35 Perkara di Pengadilan Hubungan Industrial Kalsel

Sepanjang 2017 sampai Oktober, ada 35 perkara di Pengadilan Hubungan Industrial Banjarmasin. Selain itu ada satu yang damai.

Sampai Oktober 2017 Ada 35 Perkara di Pengadilan Hubungan Industrial Kalsel
banjarmasinpost.co.id/hasby suhaili
Fahmi Faisal

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Sepanjang 2017 sampai Oktober, ada 35 perkara di Pengadilan Hubungan Industrial Banjarmasin. Selain itu ada satu yang damai.

Diungkapkan Hakim Pengadilan Hubungan Industrial Banjarmasin, Fahmi Faisal saat menghadiri acara DPP Apindo Kalsel di Swiss Belhotel Banjarmasin, Selasa (24/10).

Lebih lanjut dia mengatakan, Pengadilan Hubungan Industrial kerap kali dijadikan bargaining bagi pekerja. Begitu sudah masuk di Pengadilan Hubungan Industrial, kemudian perusahaan dan pekerja berdamai.

Dia juga menjelaskan, dari 35 perkara itu, sebanyak 21 perkara diputus dan yang belum putus ada 14 perkara. Jenis perselisihan antara hak dan PHK, tetapi lebih didominasi terkait PHK.

Baca: Sudah Dihentikan OJK, Dinar Dirham Indonesia Dilaporkan Masih Beroperasi di Tabalong

"Kalau masalah PHK ada 20 perkara. Misalnya upah tidak dibayar, PHK secara lisan yang umum terjadi di dunia pertambangan," katanya.

Sedangkan pada 2016, jumlah perkara ada 41 perkara, diputus 24 perkara dan 17 perkara cabut. Ada juga yang tidak dapat diterima karena cacat formil.

Cacat formil misalnya gugatan tidak jelas, salah alamat, penerima kuasa tidak berhak karena tidak memiliki legal standing.

Baca: Pertumbuhan Ekonomi Membaik, UMP Kalsel 2018 Naik 8 Persen

Dirinya menyarankan, jika terjadi perselisihan antara perusahaan dengan pekerja maka hendaknya maksimalkan perundingan bipartit. Kedua belah pihak saling menyadari bahwa saling membutuhkan, antara pengusaha dan pekerja harus bersinergi terus.

"Karena jika berperkara di Pengadilan Hubungan Industrial kedua belah pihak akan rugi sendiri," pungkasnya.

Penulis: Hasby
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help