Berita Hulu Sungai Selatan

Horee! Jembatan di Desa Samuda Ini Sekarang Bisa Dilewati Mobil

Jembatan yang menghubungkan Desa Samuda dengan jalur menuju Kecamatan Daha Barat ini memang masih belum bisa dilewati mobil.

Horee! Jembatan di Desa Samuda Ini Sekarang Bisa Dilewati Mobil
banjarmasinpost.co.id/aprianto
Jembatan di Desa Samuda Kecamatan Daha Selatan, Hulu Sungai Selatan (HSS) sudah dalam tahap akhir pengerjaan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN-Pengerjaan jembatan di Desa Samuda Kecamatan Daha Selatan, Hulu Sungai Selatan (HSS) sudah dalam tahap akhir pengerjaan.

Jembatan yang menghubungkan Desa Samuda dengan jalur menuju Kecamatan Daha Barat ini memang masih belum bisa dilewati mobil.

Masyarakat yang akan melintas dari dan menuju ke Daha Barat harus menggunakan kendaraan roda dua. Jembatan darurat atau jembatan sementara hanya bisa digunakan kendaraan roda dua.

Kepala bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PU dan Tata Ruang HSS Fatimah mengatakan proses pengerjaan jembatan sudah 95 persen.

"InsyaAllah seminggu lagi jembatan sudah bisa dilewati mobil," katanya, Rabu, (25/10).

Proses pengerjaan untuk beton jembatan sudah selesai. Tinggal finising akhir. Sementara untuk pengaspalan sudah selesai dilaksanakan.

"Jalan aspal sudah selesai pengerjaannya. Namun bila ada jalan aspal yang terkelupas, maka masih menjadi tanggung jawab kontraktor karena pengerjaannya satu paket dengan jembatan," bebernya.

Sekadar diketahui, proses pembuatan Jalan Samuda-Bajayau di Kecamatan Daha Selatan dan Daha Barat dimulai pada 2012 dan 2013 dengan pembangunan Jalan Samuda -Siang Gantung-Bajayau.

Pembangunan jalan dibagi beberapa segmen dan paket pekerjaan pembentukan badan jalan serta peninggian dengan urukan tanah dan sirtu. Hingga dilakukan pengaspalan jalan sepanjang 7,5 kilometer dan pengerasan jalan 1,8 kilometer.

Panjang jalan Desa Samuda dan Bajayau yang diaspal sejauh tujuh kilometer dan pengerasan jalan sepanjang 2,5 kilometer.

Total anggaran yang digunakan pada pengaspalan dan pengerasan jalan di dua desa dan pengerjaan untuk Jembatan jenis box dengan panjang sekitar delapan meter dan lebar lima meter menelan biaya total sekitar Rp 6,3 miliar

Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved