Kriminalitas Tanahbumbu

Kartu KIA akan Diluncurkan November Mendatang

Untuk mendukung itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten tak lama lagi akan menerbitkan menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA).

Kartu KIA akan Diluncurkan November Mendatang
Banjarmasinpost.co.id/Man Hidayat
Bupati Tanbu, Mardani H Maming 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Pencanangana Kabupaten Layak Anak (KLA) telah dilaksanakan pemerintah daerah Tanahbumbu.

Untuk mendukung itu, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten tak lama lagi akan menerbitkan menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA).

Rencananya, KIA akan diluncurkan pada November mendatang yang dipimpin Bupati Tanahbumbu Mardani H Maming dan Wakilnya H Sudian Noor.

Persiapan demi persiapan telah dilakukan Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Tanbu terkait KIA itu. Sebab itu, baru-baru tadi, Wakil Bupati Tanbu H Sudian Noor juga melakukan pemantauan langsung ke dinas.

Pendataan identitas mulai dari nama, alamat hingga golongan darahnya juga didata. Pasalnya, data golongan darah sangat penting sehingga bila ada yang yang memerlukan darah disekitarnya bisa langsung direspon dalam hal ini terkait pelayanan dibidang kesehatan.

Hal ini dibenarkan Plt Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tanbu, Murhansyah, Sabtu (28/10/17). Dia mengatakan penerbitan KIA ini untuk mendata, melindungi, dan memenuhi hak anak. Penggunaan KIA memiliki banyak fungsi, bisa digunakan untuk pelayanan publik seperti mendaftar sekolah, menabung di bank hingga keperluan lainnya.

"Rencana launching ini langsung dipimpin pak Bupati, mudah-mudahan tidak ada halan dan akan dilaksanakan pada November mendatang," katanya.

Menurut Murhansyah, ada dua kategori KIA yaitu untuk anak usia 0-5 Tahun dan usia 5-17 Tahun. Sebelum penerbitan KIA, terlebih dahulu harus ada Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran.

"Masyarakay bisa datang ke Capil. Syarat penerbitan KIA cukup membawa Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan KTP Elektronik kedua orangtua serta pas foto anak untuk dikartu KIA," katanya.

Penulis: Man Hidayat
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help