Hebat, Karateka Lemkari Kalsel Sukses Raih Medali di Kejuaraan Asia

Bagi atlet berprestasi di level daerah terus dibina hingga ke level nasional, pengalaman tanding juga meningkatkan prestasi.

Hebat, Karateka Lemkari Kalsel Sukses Raih Medali di Kejuaraan Asia
istimewa via BANJARMASINPOST.co.id/salmah
Kiri ke kanan: Ketua Bidang Organisasi PB Forki, Hanshi Rudy Gunarto, bersama atlet tiga Lemkari Kalsel Atina, Nofrina dan Saifa, serta Ketua Dewan Guru PB Lemkari Shuseki Shihan Harried Taning, pada Karate Tora Cup Championship. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pembinaan prestasi yang dilakukan Pengprov Lemkari Kalsel terhadap para atletnya dimulai secara berjenjang, sejak atlet kategori usia dini hingga senior.

Bagi atlet berprestasi di level daerah terus dibina hingga ke level nasional, harapannya selain menambah pengalaman tanding juga meningkatkan prestasi.

Hasil pembinaan sudah mulai terlihat dengan meningkatnya kemampuan teknik dan mental atlet serta prestasi yang diraih.

Ketua Pengprov Lemkari Kalsel, Sudirman Umar SM, mengatakan, sebagaimana keikutsertaan atlet Lemkari Kalsel pada Kejuaraan Karate Terbuka Tora Cup di Cepu, Blora, Jawa Tengah, 27-29 Oktober 2017.

Kejuaraan yang dibuka Sekjen PB Forki Lumban Sianipar itu diikuti atlet-atlet berkualitas dari 70 club karate dan perguruan yang dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali dan lainnya.

Perguruan yang ikut serta antara lain Lemkari, Inkai, Wadokai, Inkado, BKC, KKI dan perguruan lainnya.

Selain itu juga ada peserta dari India.

Kompetisi berlangsung ketat, apalagi beberapa peserta pada kejuaraan itu adalah atlet pelatnas PB Forki, para juara PON karate, sehingga para atlet daerah tak hanya bersaing tapi juga bisa mempelajari teknik dari mereka yang mengenakan lambang Garuda (lambang atlet nasional) tersebut.

"Alhamdulillah, melalui pertandingan yang ketat itu atlet Lemkari Kalsel mampu meraih 1 perak, 2 perunggu. Secara klasemen berada di urutan 21 dari 70 club," ujar Sudirman, karateka Dan V ini.

Dari tujuh atlet Lemkari Kalsel, tiga atlet yang berhasil membawa pulang medali, yakni M Saifa Alim, Juara II (perak) Kata Senior Putra.

Kemudian Atina Tri Utami Juara III (perunggu) Kumite Pemula putri -40 kg dan Nofrina Muhibatul Furqan Juara III (perunggu) Kumite Senior Putri -55 Kg.

"Kita juga patut berbangga, Saifa yang juara Kata Porprov X Tabalong ternyata pada partai final di Tora Cup mampu meladeni permainan Kata atlet pelatnas, Hans dari Jawa Timur dengan skor tipis 3-2," ujar Sudirman.

Atas penampilannya yang mengagumkan, Saifa yang berasal dari Kandangan, HST, akan diikutsertakan dalam pemusatan latihan tim PB (Pengurus Besar) Lemkari di Jakarta.

"Ya, mohon doa. Saifa diproyeksikan masuk tim PB Lemkari untuk mengikuti seleksi kejuaraan karate Shotokan tingkat Asia pada Desember nanti," kata Sudirman.

Harapannya, Saifa bisa berprestasi di level Asia sehingga dapat memotivasi para atlet karate di Kalsel untuk terus berlatih dengan gigih dan berjuang meraih prestasi. (BANJARMASINPOST.co.id/salmah)

Penulis: Salmah
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved