Berita Nasional

Hebat! Satu Data Satu Peta Ini Antarkan Dua Penghargaan untuk Kementan

Karena itu, Kementan menjadi satu-satunya kementerian yang meraih dua penghargaan TOP IT 2017 sekaligus

Hebat! Satu Data Satu Peta Ini Antarkan Dua Penghargaan untuk Kementan
restudia
Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Kementan, Suwandi 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pada era Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, Kementerian Pertanian (Kementan) berhasil mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Karena itu, Kementan menjadi satu-satunya kementerian yang meraih dua penghargaan TOP IT 2017 sekaligus, yakni penghargaan untuk kategori TOP IT Implementasi on Ministry 2017 dan kategori TOP IT Leadership 2017 di Jakarta, Selasa (31/10/2017).

Penghargaan tersebut diberikan oleh Majalah Itech bersama asosiasi TIK dengan dukungan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). Hadir menerima pengharaan ini yakni Kepala Pusat Data dan Sistem Informasi Kementan, Suwandi.

Baca: BREAKING NEWS: Sopir Angkutan Umum Mogok, Penumpang Pun Balik Kanan

Baca: Duh Kasihan! Angkutan Umum Mogok, Puluhan Penumpang Terlantar di Terminal Lianganggang

Baca: Jangan Ditiru! Banyak Praktik Penjualan Surat Dokter Palsu Tertangkap, Ini Alasan Pelaku

Pada kesempatan ini, Suwandi menjelaskan penghargaan yang diraih Kementan ini merupakan hasil dari komitmen untuk membangun satu data satu peta dengan menerbitkan regulasi, membangun infrastruktur TIK secara besar besaran, peningkatan kapasitas SDM, perancangan program TIK, pengorganisasian, eksekusi dan evaluasi.

Dengan begitu, pengelolaan pembangunan pertanian sudah menerapkan IT dan pertanian digital mendukung dan mempercepat pencapaian target swasembada pangan dan kesejahteraan petani.

Beberapa terobosan yang telah dilakukan Kementan meningkatkan TIK yakni sejak tahun 2016 Kementan telah meningkatkan infrastruktur TIK dengan kapasitas dan kecepatan 3 kali lipat dibandingkan 2015. Sekaligus dilakukan dengan penguatan hardware, software dan brainware.

“Alhasil, di tahun 2015 sistem manajemen man, money and material masih berdiri sendiri dan parsial dirubah menjadi terintegrasi mulai tahun 2016. Contohnya melalui e-personal semua data kepegawaian, absensi, kinerja pegawai, keuangan, aset, persuratan tersimpan secara terpadu dan terintegrasi. Setiap pegawai dapat mengakses web dengan system Single Sign On (SSO),” ungkap Suwandi dalam rilisnya kepada BPost Online.

Halaman
12
Penulis: Restudia
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help