Ekonomi dan Bisnis

Ini Jumlah Kandidat Calon Penerima Manfaat PKH di Banjarmasin

Usaha pemerintah untuk genjot perekonomian termasuk di Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui peningkatan dana bantuan sosial

Ini Jumlah Kandidat Calon Penerima Manfaat PKH di Banjarmasin
banjarmasinpost.co.id/acm
Dinas Sosial Kota Banjarmasin sudah mulai menerima data tambahan kandidat calon penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 14.286 kepala keluarga dari Kementrian Sosial Republik Indonesia. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Usaha pemerintah untuk genjot perekonomian termasuk di Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui peningkatan dana bantuan sosial bagi masyarakat miskin di Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018 sudah mulai terlihat.

Buktinya, Dinas Sosial Kota Banjarmasin sudah mulai menerima data tambahan kandidat calon penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 14.286 kepala keluarga dari Kementrian Sosial Republik Indonesia.

Dijelaskan Sekretaris Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin Nurlina, data ini selanjutnya diproses, diverifikasi dan divalidasi terlebih dahulu sebelum dilaporkan kembali ke Kementrian Sosial.

Baca: Saya Tak Jadi Nikahi yang Pandai Itu, Tapi yang Memasak Nasi Ini

Didukung penuh 5 Camat dan 52 Lurah di Kota Banjarmasin, 21 orang staf pendamping PKH dari Dinas Sosial Kota Banjarmasin pun langsung bergerak laksanakan proses verifikasi dan validasi ke setiap keluarga calon penerima manfaat PKH yang baru ini.

Namun proses penetapan penerima manfaat PKH adalah sepenuhnya wewenang Kementrian Sosial. Jika semua calon penerima manfaat PKH baru layak, maka akan ada tambahan 14 ribu lebih penerima manfaat PKH di Kota Banjarmasin.

"Tapi rasanya tidak mungkin semuanya dari 14 ribu, karena ada yang pindah atau sudah tidak masuk kriteria penerima manfaat," kata Nurlina.

Tidak semua warga miskin bisa menjadi penerima manfaat PKH, ada beberapa kriteria yang harus terpenuhi.

Contohnya di unsur pendidikan, harus ada yang masih bersekolah baik SD, SMP atau SMA. Unsur kesehatan, yaitu adanya balita, ibu hamil atau nifas. Dan unsur kesejahteraan sosial, yaitu lanjut usia atau disabilitas.

Sebelumnya ada 5154 keluarga penerima manfaat PKH di Banjarmasin yang sudah menerima manfaatnya.

Pada tahap ketiga penyaluran manfaat PKH tahun 2017, Banjarmasin Selatan memiliki keluarga penerima manfaat paling besar sebanyak 1758 keluarga dengan total dana Rp 879 juta.

Baca: Dasar Nekat! Pria Sunda Ini Makan Ayam Campur Sabun Colek sambil Siaran Live FB, Ini yang Terjadi

Banjarmasin Utara 1090 keluarga dengan total dana Rp 542 juta. Banjarmasin Barat 1017 keluarga dengan nilai Rp 508 juta.

Banjarmasin Timur 757 keluarga dengan nilai Rp 378,5 juta dan paling kecil Banjarmasin Tengah 532 keluarga dengan nilai Rp 265 juta. (Achmad Maudhody)

Foto : Para petugas Dinas Sosial Kota Banjarmasin saat lakukan verifikasi dan input data para kandidat calon penerima manfaat PKH di Kantor Dinas Sosial Kota Banjarmasin.

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help