BanjarmasinPost/

Hotline

Mohon TPS Dikelola dengan Baik

Ulun warga yang bermukim di sekitar TPS 3R Perumahan Seribu memohon kepada pian agar memperhatikan lingkungan kami sekitar TPS tersebut.

BANJAR - Assalamualaikum Wr. Wb. Yth. Bupati Banjar, Abah Guru Khalilurrahman. Ulun warga yang bermukim di sekitar TPS 3R Perumahan Seribu memohon kepada pian agar memperhatikan lingkungan kami sekitar TPS tersebut.

Kami sudah rela dunia akhirat pemukiman kami dibangun TPS, walaupun tempo hari rumah-rumah terdekat dengan TPS tersebut, sampah menumpuk bahkan di lantai luar bak, lalat, kucing dan tikus yang tertarik dengan tumpukan sampah tersebut juga sangat mengganggu warga sekitar.

Kami pun sekarang juga sudah merelakan tempat tumbuh anak kami dekat dengan tempat pembuangan sampah, walaupun bau menyengat kami lalui setiap hari. Kami sekarang cuma meminta TPS tersebut dikelola dengan baik.

Alangkah baiknya dan bersyukurnya kami kalau dibangunkan pagar keliling seperti TPS 3R di Albasia, karena kami juga masyarakat Kab. Banjar yang berhak hidup wajar, sehingga melatih masyarakat untuk teratur dan tidak semaunya.

Sampah di TPS tersebut tidak teratur diambil, khususnya Sabtu dan Minggu, padahal dulu janjinya akan diambil/diangkut tiap hari. Pemulung kalau sudah sore dan malam membongkar tumpukan sampah yang ada di bak.

Ditambah masih banyak masyarakat kita yang kurang peduli dengan kebersihan, membuang sembarangan (di luar bak), jam buang sampah pun tidak tertera seperti TPS-TPS kota tetangga, sehingga sepanjang hari bebas membuang sampah.

Tidak sperti di TPS Albasia Martapura Kota yang walaupun tidak mencantumkan jam buang sampah. Hal ini akibat kurangnya perhatian dari dinas terkait dan oknum warga.

Kami juga meminta agar dinas terkait (Disperkim) mensiagakan armada angkutannya setiap hari untuk mengangkut sampah tersebut dan jikalau mungkin pembangunan pagar rencananya diharapkan segera dibangun dalam waktu dekat. 081953535358

TANGGAPAN:
Terimakasih atas masukan saudara. Pengelolaan di TPS 3R Perumahan Seribu dilaksanakan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Beriman didampingi konsultan dari Satker PSPL Kementerian PUPR di Dinas PUTR Provinsi Kalimantan Selatan dan masih berjalan hingga saat ini.

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banjar bertugas mengangkut residu sisa pemilahan dari TPS 3R ke TPA yang kami laksanakan setiap hari.

Dalam waktu dekat akan dipasang spanduk arahan untuk membuang sampah ke dalam kontainer sesuai waktu yang ditetapkan dalam Perda Kabupaten Banjar No.4 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Sampah, agar ditaati seluruh warga. Demikian kami sampaikan, terimakasih atas perhatiannya.

BOYKE W TRIESTIYANTO, MT
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Banjar

Editor: BPost Online
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help