Berita Banjarmasin

Tak Ada Jaminan Keamanan di Lapangan, Taksi Online Takut Pasang Stiker

Menteri Perhubungan telah merevisi Peraturan Menteri Perhubungan No 108 Tahun 2017 tentang tentang Angkutan Orang Tidak dalam Trayek

Tak Ada Jaminan Keamanan di Lapangan, Taksi Online Takut Pasang Stiker
BANJARMASINPOST.co.id/edi nugroho
Para sopir taksi berdemo di halaman kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin, Senin (2/10/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Meski belum ada regulasi resmi tingkat daerah, para pengemudi maupun pemilik transportasi online, langsung beroperasi sejak 1 November 2017 lalu. Bahkan, taksi Online kabarnya menangguk banyak untung saat sopir angkutan umum antarkota melakukan aksi mogok masal pada 1 November kemarin.

Menteri Perhubungan telah merevisi Peraturan Menteri Perhubungan No 108 Tahun 2017 tentang tentang Angkutan Orang Tidak dalam Trayek. Namum, sejak revisi Permenhub itu –mulai berlaku 1 November 21017– belum terlihat regulasi turunannya di tingkat bawah seperti Perda atau Pergub, khususnya yang mengatur kuota atau jumlah tarif atas dan bawah yang menurut Permenhub diatur di daerah masing-masing.

Revisi Permenhub dianggap sopir taksi online sebagai legalitas adanya taksi online di daerah termasuk di Kalsel. Itu sebabnya, taksi online dari berbagai perusahaan yang ada di Kalsel sepakat tetap beroperasi atau mengakut orang melalui aplikasi yang cukup disentuh melalui gawai atau handphone calon penumpang.

Arbaini, ketua Paguyuban Taksi Online Kalsel, Kamis (2/11) menjelaskan, setelah hari ini menerima keputusan di pusat, mereka sepakat kembali menarik penumpang.

“Kita sudah rapatkan dan dari aliaansi di Jakarta menyetujui, di daerah pun mau tidak mau mengikuti di pusat. Hanya saja, yang kita pertanyakan adanya garansi keamanan dan keselamatan untuk para sopir taksi online. Kalau legalitas OK kami turuti, termasuk harus punya SIM A Umum dan stiker,” ujarnya.

Namun, menurut dia, siapa yang akan menggaransi keselamatan pengemudi taksi online di lapangan. "Sebab bukan hanya jaminan dari pernyataan saja tapi juga harus di lapangan,” katanya.

Mau baca berita Banjarmasin Post dan Metro Banjar? klik DI SINI

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help