BanjarmasinPost/

Travel Banjarmasin

Hallomasin Trip Wisata ke Rumah Tua, Mereka Dengar Keluh Kesah Pemilik Rumah

Para penikmat wisatawan minat khusus yang yang tergabung sebagai peserta pada program IKKON Bekraf

Hallomasin Trip Wisata ke Rumah Tua, Mereka Dengar Keluh Kesah Pemilik Rumah
Isti Rohayanti
Hallomasin Trip dan pemilik rumah Banjar berjenis Bangun Gudang di Jalan Sungai Jingah yaitu rumah Abdul Ghani berfoto bersama di depan rumah adat Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Halomasin Trip kembali melanjutkan perjalanan ke kawasan wisata tua Kota Banjarmasin, Jalan Sungai Jingah, RT 16, Banjarmasin, Sabtu (4/11/2017).

Para penikmat wisatawan minat khusus yang yang tergabung sebagai peserta pada program IKKON Bekraf itu diajak untuk menikmati rumah adat Banjar, utamanya rumah Bangun Gudang yang berada di kawasan itu.

Dari pantauan Bpost Online dilokasi, interaksi para wisatawan dan pemilik rumah terlihat akrab. Terutama mereka nampak ingin tahu sekali tentang seluk beluk setiap ornamen rumah.

Pemilik rumah Banjar berjenis Bangun Gudang, Nafisah menjawab setiap keingintahuan wisatawan. Ia juga menceritakan keluh kesahnya perihal nasib rumah banjar saat ini.

"Kami atapnya saja harus satu tahun sekali ganti. Selain itu kasihan pula ada rumah Banjar tua yang tidak terawat di dekat sini," cerita Nafisah.

Pun disambung oleh suami Nafisah, Rasyid, ia mengatakan pemerintah belum menyentuh rumahnya. Dikatakannya memang sempat ada acara peresmian tempat wisata kota tua rumah Banjar tersebut, namun ia tidak diajak bahkan tidak mengetahui.

Pasca puas akan hasil jerpetan dan pengetahuan tentang rumah adat itu, tim Halomasin Trip melanjutkan perjalanan. Mereka juga mengunjungi rumah makan yang berarsitek Banjar di kawasan itu.

Sebelumnya, tim Hallomasin Trip juga melakukan perjalanan ke pasar terapung Lok Baintan, Kabupaten Banjar di hari yang sama sejak pagi.

Bisnis Adviser IKKON Kumoratih Kushardjanto mengatakan trip ke sejumlah titok wisata di Banjarmasin itu merupakan testing trip yang timnya lakukan. Dimana hal itu dilakukan sebagai riset tentang wisata dan ekonomi di wilayah tersebut.

"Ini juga testing trip yang merupakan satu kegiatan dari IKKON Banjarmasin dalam rangka mencari dan menggali potensi pariwisata," jelasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/ Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help