BanjarmasinPost/

Keren! Mahasiswi Banua Kombinasikan Tumbuhan Kelakai Dalam Minuman Kopi, Hasilnya Nikmat!

Unik, satu lagi kreasi produk kreatif anak Banua, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Nur Annisa kreasikan produk

Keren! Mahasiswi Banua Kombinasikan Tumbuhan Kelakai Dalam Minuman Kopi, Hasilnya Nikmat!
istimewa via BANJARMASINPOST.co.id/achmad maudhody
Kopi kelakai 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Unik, satu lagi kreasi produk kreatif anak Banua, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Banjarmasin Nur Annisa kreasikan produk kopi dengan bahan dasar tanaman kelakai.

Bukan kreasi sembarangan, Annisa yang masih kuliah semester 5 di Jurusan Farmasi ini mengklaim kopi kelakai kreasinya yang diberi nama Big Cokai ini diklaim memiliki manfaat bagi kesehatan.

Kopi kelakai hasil kreasi mahasiswi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Foto dirilis Sabtu (4/11/2017)
Kopi kelakai hasil kreasi mahasiswi Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Foto dirilis Sabtu (4/11/2017) (istimewa via BANJARMASINPOST.co.id/achmad maudhody)

Ekstrak tanaman kelakai dipercaya berfungsi sebagai antioksidan alami dapat membantu mencegah penuaan dini dan menangkal radikal bebas dan memperlancar peredaran darah.

Dijelaskan Annisa, produk Big Cokai dibuat dari campuran ekstrak tanaman kelakai yang telah dihaluskan dan dikeringkan lalu setelah itu dicampur dengan bubuk kopi.

"Cita rasanya jadi sedikit lebih pahit dari kopi hitam biasanya, jadi rasanya lebih unik tapi dengan tambahan berbagai manfaat," kata Annisa.

Tumbuhan kelakai.
Tumbuhan kelakai. (istimewa via BANJARMASINPOST.co.id/achmad maudhody)

Hampir semua bagian tanaman kelakai bisa diolah menjadi bahan dasar Big Cokai kecuali akarnya. Annisa menggunakan batang dan daun muda untuk selanjutnya di proses.

Untuk suplai baham baku tanaman kelakai, selain mengumpulkan sendiri, ia juga menerima suplai dari beberapa orang untuk penuhi kuota produksi Big Cokai.

Saat ini Annisa bisa memproduksi sekitar 20 kotak Big Cokai. Satu kotak Big Cokai berisi 6 sachet Big Cokai berukuran kemasan 10 gram.

Kelakai yang sudah dikeringkan.
Kelakai yang sudah dikeringkan. (istimewa via BANJARMASINPOST.co.id/achmad maudhody)

Annisa menjual dua varian Big Cokai yaitu original dan rasa jahe. Bedanya, varian rasa jahe memiliki campuran bubuk jahe menambah rasa hangat kopi kelakai ini.

Satu kotak Big Cokai dibanderol dengan harga Rp 18 ribu untuk varian original dan Rp 20 ribu untuk varian rasa jahe.

"Rasanya sayang melihat peluang ekonomi di tanaman kelakai yang memiliki manfaat tapi selama ini tidak dimanfaatkan, jadi muncul ide membuat Big Cokai ini," kata Annisa.

Kelakai yang dikeringkan diblender kemudian diayak agar menjadi serbuk halus. Selanjutnya dicampur dengan kopi untuk diseduh jadi minuman.
Kelakai yang dikeringkan diblender kemudian diayak agar menjadi serbuk halus. Selanjutnya dicampur dengan kopi untuk diseduh jadi minuman. (istimewa via BANJARMASINPOST.co.id/achmad maudhody)

Saat ini Annisa belum memiliki toko fisik, selain rajin mengikuti berbagai pameran, ia masih memasarkan produknya melalui marketplace dan media sosial.

Selain menghubungi Annisa langsung di nomor 081349326581, konsumen juga bisa melihat produk dan menghubungi melalui akun Instagram @big_cokai.

"Sebentar lagi harapannya mau masuk toko oleh-oleh dan di konter-konter di Bandara Syamsuddin Noor juga," kata Annisa. (BANJARMASINPOST.co.id/achmad maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help