Properti

Indonesia Siapkan Stadion Baru di Bekasi untuk Klub Ternama Eropa

Artinya, stadion itu harus bertaraf internasional dan representatif supaya bisa dipakai untuk pertandingan yang menghadirkan klub dari Eropa.

Indonesia Siapkan Stadion Baru di Bekasi untuk Klub Ternama Eropa
kompas.com
Menko PMK Puan Maharani bersama Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir mengunjungi Stadion Gelora Bung Karno untuk memeriksa perkembangan renovasi stadion menjelang Asian Games 2018, Jumat (20/10/2017) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Bicara mengenai sepak bola, bagi Anda yang mempunyai hobi bermain dan menonton pertandingannya biasanya paham betul soal sistem dan jadwal pertandingan. Kebanyakan orang di dunia ini menjagokan klub sepak bola ternama di Eropa.

Segala hal mengenai klub tersebut jadi santapan informasi yang wajib diikuti, termasuk agenda pertandingan persahabatan. Sudah lazim terjadi bahwa klub-klub terbaik di Eropa melakukan kunjungan ke Asia setiap tahunnya untuk melihat perkembangan dunia sepak bola di negara yang dikunjungi sekaligus ajang mencari pemain berbakat yang bisa diorbitkan.

Akan tetapi, membahas tentang tempat pertandingan, masih sedikit kota di Indonesia yang menyediakan stadion berkapasitas penonton banyak dengan fasilitas yang memadai. Artinya, stadion itu harus bertaraf internasional dan representatif supaya bisa dipakai untuk pertandingan yang menghadirkan klub dari Eropa.

Untuk itulah Lippo Group selaku pengembang properti terkemuka di Indonesia sekarang ini sedang membangun kota mandiri Meikarta di daerah Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Selain apartemen, kota baru ini nantinya memiliki ruang terbuka hijau, pusat perkantoran dan perbelanjaan, serta stadion olahraga yang berstandar internasional.

Melalui keterangan persnya, Kamis (28/9/2017), Lippo Group menyebutkan bahwa stadion yang dibangun di Meikarta akan memiliki lapangan rumput dengan permukaan yang rata dan halus. Lapangan itu akan dilengkapi dengan sistem drainase yang baik supaya genangan air tidak terjadi.

Chief Marketing Officer Lippo Group Jopy Rusli mengatakan, stadion olahraga berstandar internasional masuk dalam perencanaan pembangunan kota mandiri Meikarta. Fasilitas ini dibangun supaya klub sepak bola dunia mau berkunjung dan bertanding di stadion tersebut.

“Di lokasi ini, kami tidak hanya membangun properti. Kami juga memiliki rencana membangun fasilitas olahraga yang bertaraf internasional, salah satunya yaitu stadion,” ujar Jopy Rusli, Sabtu (19/8/2017) di Cikarang.

Mengenai fasilitas di dalamnya, nantinya ruang ganti pemain akan memiliki ukuran dan fasilitas yang sama bagi kedua tim yang bertanding, misalnya kamar mandi dengan toilet dan shower, serta ada kulkas, pendingin ruangan, dan tempat massage.


Stadion Internasional Qatar di ibu kota Doha dipersiapkan untuk ajang Piala Dunia 2022(Getty Images)

Ada juga ruangan untuk wasit, ruang medis, ruang inspektur pertandingan atau match officials, dan ruang rapat berkapasitas 30 orang.

Bila ada penonton dari Jakarta maupun luar kota tidak usah khawatir untuk mencari tempat menginap. Nantinya di Meikarta akan hadir pula hotel berbintang lima dengan standar internasional, salah satunya yaitu dari Langham Hospitality Group, hotel dengan jaringan dunia.

Selain itu, kemudahan akses transportasi akan lebih terasa dengan dibangunnya enam infrastruktur buatan pemerintah. Keenam infrastruktur tersebut yaitu Bandara Internasional Kertajati, Pelabuhan Patimban, light rail transit dari Cikarang ke Cawang, kereta cepat Jakarta-Bandung, jalan tol layang Jakarta-Cikampek 2, dan automated people mover.

“Kami berharap dengan adanya stadion itu bisa membuat tim-tim besar Eropa mau datang dan bermain di Indonesia,” ucap Jopy.


Ilustrasi. Layanan light rail transit (LRT) dengan nama Rapid KL yang beroperasi di Kuala Lumpur, Malaysia. (KOMPAS.com/ALSADAD RUDI)

Sementara itu, Presiden Meikarta Ketut Budi Wijaya mengatakan hal yang sama. “Nantinya di Meikarta akan dibangun stadion untuk sepak bola dan olahraga lain. Menurut rencana, kapasitasnya di atas 100.000 orang, lebih banyak dari Stadion Gelora Bung Karno,” kata Ketut, Rabu (18/10/2017) di Tangerang.

Dengan kehadiran stadion itu diharapkan agar pertandingan sepak bola dan perhelatan olahraga lainnya tidak hanya diselenggarakan di Jakarta, tetapi di Meikarta pun acara olahraga internasional bisa digelar.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.COM

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved