BanjarmasinPost/

Hotline

Pajak Mati Kena Tilang?

Pak, ulun supir truk mau tanya. Masalah pajak kendaraan motor yang surat-suratnya lengkap, tapi pajaknya mati. Apakah kena tilang juga,

Pajak Mati Kena Tilang?
Banjarmasinpost.co.id
Hot Line BPost 0816215000 

BANJARMASIN - Pak, ulun supir truk mau tanya. Masalah pajak kendaraan motor yang surat-suratnya lengkap, tapi pajaknya mati. Apakah kena tilang juga, mohon penjelasannya, terima kasih. 085390310404


TANGGAPAN:
TERIMA kasih atas perhatiannya terhadap permasalahan lalu lintas di Kalsel. Berdasarkan UU NO 22 tahun 2009 tentang LLAJ pasal 70 ayat 2 yang berbunyi STNK dan TNKB berlaku selama 5 (lima) Tahun, yang harus dimintakan pengesahan setiap tahun.

Hal ini juga telah diatur dalam PP No 60 tahun 2016 tentang PNBP yang memberlakukan Tarif pengesahan STNK tiap tahunnya. Dengan demikian, STNK dianggap sah dan berlaku apabila telah disahkan atau ditetapkan oleh Polri tiap Tahunya.

Pelanggaran terhadap aturan ini diatur dalam Pasal 288 ayat 1 UU NO 22 Tahun 2009 tentang LLAJ yang berbunyi “Setiap orang yang mengemudikan Ranmor di jalan yang tidak dilengkapi dengan STNK/STCK yang ditetapkan oleh Polri dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp 500 ribu.

Kompol HENRY NOVIKA CHANDRA, SIK, MH
Kasi STNK Subdit Regident Dirlantas Polda Kalsel

Editor: BPost Online
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help