BanjarmasinPost/

Pernikahan Putri Jokowi

Pernikahan Kahiyang Ayu & Bobby Nasution, Ini 5 Kuliner Lezat Solo yang Pantas Jadi Sajiannya

Ragam kuliner tradisional Solo akan disajikan oleh katering milik kakak Kahiyang, Gibran Rakabuming Raka

Pernikahan Kahiyang Ayu & Bobby Nasution, Ini 5 Kuliner Lezat Solo yang Pantas Jadi Sajiannya
tribun jateng
Nasi Liwet Lengkap Aneka Lauk di Social Canteen Jalan Setiabudi no 75, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pernikahan putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu dengan Muhammad Bobby Nasution, tinggal menunggu hari. Tepat 8 November nanti, perayaan tersebut digelar dengan sajian kuliner khas Solo.

Ragam kuliner tradisional Solo akan disajikan oleh katering milik kakak Kahiyang, Gibran Rakabuming Raka. Ia beralasan, agar tamu undangan yang berasal dari seluruh Indonesia bisa merasakan masakan khas Solo.

Berikut lima kudapan khas Solo yang sudah tak asing lagi kelezatannya, dan pantas disajikan dalam pernikahan Kahiyang-Bobby.

1. Selat Solo


Hidangan Selat Galantin Kuah Saos dari Selat Mbak Lies.(Silvita Agmasari)
Hidangan pertama yang cocok menjadi pembuka makan para tamu pernikahan Kahiyang-Bobby salah satunya, selat solo. Kuliner ini juga menjadi salah satu langganan Jokowi dan keluarga.

Kuliner yang satu ini merupakan sajian sayuran, saus kental dan daging bistik. Oleh karena itu, selat ini merupakan makanan adaptasi dari negara barat, salad, yang kemudian rasanya disesuaikan dengan cita rasa tanah air.

2. Nasi Liwet Solo


Nasi Liwet khas Solo dengan nasi gurih, suwiran ayam kampung, sambal goreng jipang, telur rebus, dan ereh diatasnya. Bisa juga menggunkanan lauk ati ampela atau usus ayam.(KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia)
Masuk ke hidangan utama, nasi liwet solo merupakan salah satu yang banyak disukai wisatawan, termasuk keluarga Presiden Joko Widodo.

Berbeda dengan nasi liwet di tanah Sunda, nasi liwet solo dimasak dengan santan dan disajikan dengan ayam opor, sambal goreng jipang, dan areh atau gumpalan santan.

Salah satu yang menjadi favorit Presiden Jokowi ialah nasi liwet buatan Bu Sri yang berjualan di dekat pintu gerbang Pasar Gede Solo.

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help