Berita Banjarmasin

Waduh! Dana Desa Ternyata Tak Jadi Naik 100 Persen, Ternyata Ini Penyebabnya

keinginan Presiden Jokowi memang menaikkan dana desa menjadi dua kali lipat. Tapi, sudah dipastikan batal,

Waduh! Dana Desa Ternyata Tak Jadi Naik 100 Persen, Ternyata Ini Penyebabnya
dokumen
BPost cetak edisi, Selasa (7/11/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID - SEBELUMNYA pemerintah berencana menaikkan alokasi dana desa. Kenaikan itu bahkan direncanakan 100 persen, sehingga masing-masing akan memiliki kurang lebih Rp 1,6 miliar. Namun ternyata, belakangan bukan kenaikan justru alokasi dana desa dikurangi, termasuk di Kalsel yang berkurang Rp 100 miliar dari alokasi keseluruhan dana desa.

Seperti dikutip dari Banjarmasin Post edisi cetak, Selasa (7/11/2017), keinginan Presiden Jokowi memang menaikkan dana desa menjadi dua kali lipat. Tapi, sudah dipastikan batal, karena tidak dibarengi kemampuan keuangan negara.

Kalsel tentunya tak bisa berbuat apa-apa dengan kebijakan turunnya anggaran, sebab itu adalah kewenangan kementerian keuangan. Dana desa nantinya setelah dikurangi dibagi rata ke desa-desa di daerah. Otomatis, seluruh desa sebanyak 1.864 desa akan dipotong sama dan semua desa bakal merasakan.

Sebab, 90 persen itu dibagi, 10 persennya akan ditambahkan atau disesuai dengan jumlah penduduk, banyaknya orang miskin, kondisi geografis. Jadi, otomatis semua desa nanti akan merasakan dampaknya, dan dipotong sama.

Mau baca berita Banjarmasin Post dan Metro Banjar? klik DI SINI

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved