Berita Tanahlaut

Rela Berlumpur, Usaha Samdiani Berbuah Anugerah Pin Emas

Usaha Samdiani bergelut dengan lumpur di pesisir pantai Pagatanbesar, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanahlaut, berbuah anugerah pin emas.

Rela Berlumpur, Usaha Samdiani Berbuah Anugerah Pin Emas
istimewa
Samdiani, Kepala Desa Pagatanbesar bersama mahasiswa Universitas Lambung mangkurat Banjarbaru menanam bibit pohon mangrove di pesisir pantai Pagatanbesar, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanahlaut, Jumat (10/11/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Usaha Samdiani bergelut dengan lumpur di pesisir pantai Pagatanbesar, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanahlaut, berbuah anugerah pin emas.

Satu tahun Kepala Desa Pagatanbesar, Kecamatan Takisung itu mempelopori warganya agar giat melakukan budidaya mangrove api yang tumbuh liar di pesisir pantai Pagatanbesar.

Desa Pagatanbesar memang dipilih Kementerian Kelautan dan Perikanan sebagai lokasi program kawasan pesisir tangguh atau kerap PKPT. Program itu hanya berlangsung tiga tahun.

Tahun ini, PKPT tidak lagi menerima gelontoran dana dari Pemerintah Pusat karena dinilai warganya sudah mampu mengelola program tersebut.

Ya, Pemerintahan Desa Pagatanbesar bersama kelompok masyarakat sadar wisata berkeinginan menjadikan desa mereka sebagai Eko Wisata Mangrove.

Baca: Satpolairud Polres Tala Tanam Pohon Mangrove di Pesisir Pantai

Sudah ada titian dan gazebo dibangun Pemerintahan Desa Pagatanbesar untuk menunjang kegiatan pariwisata eko wisata mangrove.

Titian itu banyak manfaatnya bagi pengunjung. Itu karena bisa melihat langsung pesisir pantai Pagatanbesar dan realisasi penanaman mangrove yang tersusun sepanjang sekitat 500 meter.

Adakah kendalanya, Samdiani mengaku kendala alam menyebabkan program penanaman mangrove harus melihat kondisi angin.

"Kalau memaksa menanam saat gelombang besar akan merugi. Bibit mangrove yang ditanam akan diterjang gelombang pasang air laut," katanya, Jumat (10/11/2017).

Halaman
12
Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help