Dunia Gadget

Tak Banyak yang Melirik, iPhone 8 Malah Kalah dari iPhone 6S dan Oppo

Hal itu tercermin dalam laporan terbaru firma riset pasar Canalys yang menyebutkan bahwa angka pengapalan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus

Tak Banyak yang Melirik, iPhone 8 Malah Kalah dari iPhone 6S dan Oppo
Apple
iPhone 8 Plus dalam variasi warna space gray, silver dan gold 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Dibandingkan dengan iPhone X, sambutan konsumen terhadap duo iPhone 8 dan iPhone 8 Plus yang meluncur lebih dulu tahun ini tak terlalu menggembirakan.

Hal itu tercermin dalam laporan terbaru firma riset pasar Canalys yang menyebutkan bahwa angka pengapalan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus pada kuartal-III 2017 hanya sebesar 11,8 juta unit di seluruh dunia.

Jumlah tersebut lebih kecil dibandingkan iPhone 7 dan iPhone 7 Plus yang mencatat angka shipment sejumlah 14 juta unit di seluruh dunia dalam periode yang sama tahun lalu,

Masih menurut Canalys, duo iPhone 8 bahkan tak masuk dalam urutan 5 besar smartphone terpopuler di dunia pada kuartal-III 2017, kalah dari iPhone 6S yang duduk di urutan kedua dengan pengapalan 7,9 juta unit.

Urutan pertama 5 smartphone terpopuler versi Canalys ditempati oleh iPhone 7 dengan pengapalan 13 juta unit. Posisi keempat dan kelima diraih dua ponsel Oppo yang masing-masing mencatat pengiriman lebih dari 7 juta unit

Sementara itu, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Mashable, Sabtu (11/11/2017), iPhone 8 hanya mencatat angka pengiriman 5,4 juta unit, dan iPhone 8 Plus sebesar 6,3 juta unit.

Meluncur pada akhir September lalu, gaung iPhone 8 dan iPhone 8 Plus segera ditenggelamkan oleh iPhone X yang menyusul dirilis sebulan kemudian. Angka pengapalan iPhone X belum tercatat, namun pemesanannya (pre-order) saja sudah tercatat sebanyak 50 juta.

Apple berupaya membuat duo iPhone 8 lebih menarik bagi konsumen dengan tak lagi menjual varian iPhone 7 dengan storage 256 GB. Di China, toko-toko memberikan diskon untuk mendongkrak penjualan iPhone 8.

Namun sejauh ini upaya-upaya tersebut agaknya belum berbuah manis. Apple bahkan dikabarkan memangkas order iPhone 8 dari para rekanan manufaktur sebanyak 50 persen hingga akhir 2017.

Hai Guys! Berita ini ada juga di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help