BanjarmasinPost/
Home »

News

» Jakarta

Berita Jakarta

Harus Bergiliran, Panglima TNI yang Baru Disarankan dari AL atau AU

"Harus mempertimbangkan pola rotasi secara bergiliran oleh tiap matra atau angkatan," ujar Gufron

Harus Bergiliran, Panglima TNI yang Baru Disarankan dari AL atau AU
kompas/ant
Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo (kedua kiri), melakukan salam komando dengan Kepala Staf TNI AL Laksamana TNI Ade Supandi (kiri), Kepala Staf TNI AU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kedua kanan), dan Kepala Staf TNI AD Jenderal TNI Moelyono di geladak KRI dr Soeharso-990, di Selat Sunda, Selasa (3/10/2017). Panglima TNI menyatakan soliditas TNI tetap selalu terjaga. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Wakil Direktur Imparsial Gufron Mabruri menilai, Panglima TNI baru pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo seharusnya berasal dari Angkatan Laut atau Angkatan Udara.

"Harus mempertimbangkan pola rotasi secara bergiliran oleh tiap matra atau angkatan," ujar Gufron, dalam konferensi pers di Jakarta, Minggu (12/11/2017).

Gufron melanjutan, rotasi pimpinan lembaga militer sesuai dengan amanat Pasal 13 Undang-Undang TNI.

Pasal tersebut menyatakan bahwa jabatan Panglima TNI dapat dijabat secara bergantian oleh perwira tinggi aktif tiap-tiap matra/angkatan yang sedang atau pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan.

Selain itu, Gufron juga menilai penerapan pola rotasi jabatan Panglima TNI penting untuk membangun soliditas dan profesionalisme di dalam tubuh TNI. Pola tersebut diyakini akan menumbuhkan rasa kesetaraan dalam TNI.

Dari sisi lain, rotasi jabatan Panglima TNI dari Angkatan Darat ke Angkatan Laut atau Angkatan Udara juga selaras dengan agenda kepentingan pemerintah untuk memperkuat sektor maritim

"Membangun maritime security membutuhkan pembangunan kekuatan terintegrasi antara angkatan udara, laut tanpa meninggalkan kekuatan angkatan darat," kata Gufron.

Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo akan memasuki masa pensiun dalam waktu dekat. Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo dinilai harus segara menyiapkan penganti Gatot.

Gatot sendiri merupakan prajurit TNI yang berasal dari Angkatan Darat. Lantaran hal itu, rotasi jabatan ke Angkatan Laut atau Angkatan Udara dinilai penting.

Guys! Barita ini juga ada di KOMPAS.com

Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help