Berita Tanahbumbu

Bawaslu Sebut 3 Daerah Rawan Pemilu di Kalimantan Selatan

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) nyatakan ada tiga Kabupaten yang dianggap rawan saat pelaksanaan pemilihan

Bawaslu Sebut 3 Daerah Rawan Pemilu di Kalimantan Selatan
BANJARMASINPOST.co.id/man hidayat


BANJARMASINPOST.CO.ID, BATULICIN - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) nyatakan ada tiga Kabupaten yang dianggap rawan saat pelaksanaan pemilihan legislatif dan presiden pada 2019 mendatang.

Tiga kabupaten tersebut adalah Kotabaru, Kabupaten Banjar dan Banjarmasin.

Sementara Tanahbumbu berada diposisi 9, dan Banjarbaru diurutan terandah potensi kerawanannya.

Ini lah yang diungkapkan Ketua Bawaslu Provinsi kalimantan selatan, Iwan Setiawan didepan semua anggota Panwaslu Kabuapetn di 13 Kabupaten Kota.

"Potensi kerawanannya itu cukup tinggai karena melihat kondisi jalur, melewati laut dan jalur daratnya. Ada potensi kerawanan dan merusak melihat kondisi jalurnya," katanya.

Selain itu, pada rapat koordinasi Pengawasan Tahapan Pemilihan Umum anggota DPR, DPD, dan DPRD serta Pemilihan umum presiden dan wakil presiden tahun 2019 di Provinsi Kalimantan Selatan, juga perlu antisipasi terkait kelengkapan berkas dan keapsahannya.

"Kami juga akan melakukan identifikasi terkait berkas yang diajukan calon legislatif terkait ijazahnya. Kami akan verifikasi bersama KPU," katanya.

Dia juga mengatakan untuk tahapan pemilihan itu dan pelaksanaan pemilihan nanti, dia berharap adanya sinergitas antara Panwaslu dan KPU sehingga bisa berjalan dengan lancar.

Terutama keterlibatan ASN terkait masalahan pencalonan dan kampanye.

Karena diakuinya di daerah Kalsel keterlibatan ASN masih terjadi sehingga perlu penanganan.

"Kita akan mengadakan seminar-seminar yang melibatkan seluruh ASN atau kabupaten kota setempat yang akan menampilkan narasumber berkompeten. Diberikan pemahaman untuk meminimalkan keterlibatan ASN," katanya.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Kalsel, Samahudin, mengatakan untuk pelaksanaan pemilihan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang. Sementara tahapan pencalonan calon legislatif sudah dimulai dari 17 agustus 2017.

"Sementara untuk penetapan calon legislatif akan ditetapkan pada Maret 2018 mendatang," katanya. (BANJARMASINPOST.co.id/man hidayat)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help