BanjarmasinPost/

Berita Tanahlaut

Besok, 52 Desa di Tanahlaut Gelar Pilkades Serentak, Seperti Ini Persiapannya

Camat Pelaihari, Ahmad Novriadi mengaku di wilayah Kecamatan Pelaihari ada lima desa yang melaksanakan Pilkades serentak 2017.

Besok, 52 Desa di Tanahlaut Gelar Pilkades Serentak, Seperti Ini Persiapannya
Banjarmasinpost.co.id/Mukhtar Wahid
Sejumlah mobil angkutan desa parkir di Kantor Kecamatan Pelaihari, Selasa (14/11/2017). Mobil itu sarana membawa kotak suara ke lima desa di wilayah Kecamatan Pelaihari. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sebanyak 52 Desa di Kabupaten Tanahlaut, Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan pemilihan kepala desa serentak (Pilkades), pada 15 November 2017 ini.

Panitia pilkades serentak tingkat Kabupaten Tanahlaut sudah mendistribusikan surat suara berserta bilik dan kotak suara ke 1 wilayah kecamatan.

Kesiapan kekuatan pasukan pengamanan, terdiri dari unsur TNI, Polri dan Satpol PP terkait pelaksanaan Pilkades serentak digelar di halaman Pertasi Kencana, Pelaihari, Selasa (14/11/2017).

Baca: Jadwal Siaran Langsung Liga 2 Grup X dan Grup Y, Dibuka Duel Klasik PSIS Semarang Vs Persebaya

Usai gelar pasukan pengamanan, panitia pilkades serentak tingkat Kabupaten mendistribusikan kotak suara dan surat suara ke kantor kecamatan.

Pantauan BPost Online di Kantor Kecamatan Pelaihari, kotak dan surat suara disimpan di satu ruangan yang kuncinya hanya camat Pelaihari yang memegang.

Kotak yang berisi surat suara langsung dikeluarkan begitu panitia dari Pilkades tiba di Kantor Kecamatan Pelaihari.

Baca: Jadwal Liga 2 - Laga Grup Y Besok, PSIS Semarang Vs Persebaya

Diperbolehkan kotak suara dibawa jika berita acara penyerahan sudah ditandatangani anggota polisi Bhabinkamtibmas dan anggota Babinsa didampingi petugas Linmas Desa.

Camat Pelaihari, Ahmad Novriadi mengaku di wilayah Kecamatan Pelaihari ada lima desa yang melaksanakan Pilkades serentak 2017.

"Hingga saat ini situasi desa yang melaksanakan Pilkades masih kondosif. Dari lima desa itu yang dianggap rawan, hanya satu desa yaitu Desa Panjaratan," katanya.

Baca: Pria ini Tunjukkan Kemaluannya di Depan Umum, Warga Kayu Tangi Geger

Sementara itu, Kapolsek Pelaihari, AKP Shofiyah mengaku menempatkan dua personel polisi di setiap desa yang melaksanakan Pilkades serentak.

Menurutnya, dari dia wilayah yang menjadi tanggungjawab, Kecamatan Pelaihari dan Kecamatan Bajuin, hanya Desa Tebingsiring yang rawan. Tidak cukup satu kotak suara di Desa Tebingsiring.

"Desa Tebingsiring memiliki jumlah pemilih hampir 3000 pemilih. Wilayah sebagian ada yang belum beraspal. Ini wilayah paling jauh di Kecamatan Bajuin," katanya.

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help