BanjarmasinPost/
Home »

Video

Temuan Makam Tua

NEWSVIDEO : Begini Penjelasan Peneliti Balai Arkeologi Mengenai Makam Tua di Teluk Selong

Menurutnya, untuk memastikan tahun makam tersebut tidak hanya diambil dari tahun yang tertulis pada nisan.

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Makam tua yang heboh karena diantaranya dianggap berkeramat masih terus didatangi warga.

Tidak hanya warga setempat, namun dari desa ataupun kecamatan lain bahkan dari Banjarmasin. Mereka di antaranya meyakini pemakaman tersebut adalah pemakaman keluarga kerajaan Banjar.

"Melihat nisannya ini bukan orang biasa. Saya meyakini ada keterkaitan dengan keluarga Kerajaan Banjar," kata Zulkifli warga Banjarmasin.

Baca: Pambakal Telok Selong Ulu Yakin Pemakaman Tua Adalah Alkah Kerajaan Kayu Tangi

Sementara itu Balai Arkeologi Banjarmasin telah turun melakukan penjajakan ke lokasi makam tua di Desa Telok Selong tersebut.

Mereka sementara ini menyimpulkan bahwa lokasi makam tua di Telok Selong itu kemungkinan makam keluarga kerajaan Banjar.

Peneliti Balai Arkeologi Banjarmasin, Nugroho Nur Susanto membenarkan Dia bersama Kepala Balai Arkeolgi Kalsel Bambang Sakti Wiku Atmojo telah turun melakukan penjajakan ke lokasi makam tua di Telok Selong setelah menerima informasi warga.

Baca: LIVE STREAMING Rusia Vs Spanyol - Formula sang Tuan Rumah Piala Dunia 2018

Dari lokasi makam, mereka menemukan nisan-nisan yang bertuliskan tahun makam tersebut. Di antaranya, ada tahun 1168 H.

Selain itu, juga ada tertulis di nisan makam tahun 1288 H, 1287 H serta yang lain juga ada 1271 H. "Namun ini baru penjajakan belum tahapan penelitian. Belum bisa menjadi kesimpulan. Jadi bisa saja makam itu lebih tua atau lebih muda" katanya, Selasa (13/11/2017).

Halaman
12
Penulis: Hari Widodo
Editor: Murhan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help