BanjarmasinPost/
Home »

Video

Berita HSS

NEWSVIDEO: Ratusan Peserta Ikuti Lomba Permainan Tradisional Balogo

Ratusan peserta dari berbagai element masyarakat mengikuti lomba permainan tradisional pada kegiatan Hulu Sungai Selatan (HSS) Expo 2017.

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Ratusan peserta dari berbagai element masyarakat mengikuti lomba permainan tradisional pada kegiatan Hulu Sungai Selatan (HSS) Expo 2017.

Lomba Balogo yang diadakan di kawasan Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan, Sejak 13 Nopember hingga 15 Nopember berlangsung meriah.

Para peserta dalam pertandingan ini merupakan satu tim yang terdiri atas tiga orang. Mereka harus saling berlomba untuk menjadi pemenang saat diadu.

Menggunakan sistem gugur, setiap tim yang menang berhak melaju hingga ke babak selanjutnya. Tim yang berhasil meraih poin terbanyak dalam dua babak pertandingan dinyatakan menang.

Baca: Begini Persiapan Resepsi Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Medan, Ini Prosesi Adat Penyambutannya

Tim yang menang akan kembali bertanding dengan tim lainnya yang menang hingga ke babak final. Para peserta ada dari kalangan pelajar, organisasi, dinas, kecamatan, kelurahan, desa dan masyarakat umum.

Satu di antara peserta lomba balogo dari tim dinas pemuda olahraga dan pariwisata HSS. Tim ini terdiri atas Rahmani, Agus Riswandi dan Wahtu.

Pada pertandingan perdananya, Rabu, (14/11/2017), tim ini sukses mengalahkan tim dari dinas sosial dengan skor akhir 6-2.

"Alhamdulillah tim kita berhasil meraih kemenangan pada pertandingan perdana," katanya, Rabu, (14/11/2017).

Baca: Tak Kalah Cantik dari Umi Pipik! Ini Dia Sosok Suci Istri Sunu Matta Band

Pria yang juga selaku Sekretaris KONI HSS ini menergaskan bahwa keikutsertaan pihaknya dalam lomba balogo itu, sebagai bentuk nyata ikut melestarikan budaya permainan tradisional.

"Kita tidak ada target khusus. Poin pentingnya kita ikut memeriahkan kegiatan HSS Expo 2017. Menjalin silaturahmi dan melestarian permainan tradisional," tambahnya.

Panitia lomba balogo, Hasan Hawsy menuturkan bahwa peserta lomba balogo sangat antusias dengan bukti jumlah peserta yang lebih dari 200 orang.

Baca: Jika Umi Pipik Benar Nikah Sama Sunu Matta Band, Siapakah Bidadari Surga Alm Uje? Begini Hadistnya

"Dari katagori dewasa atau umum pesertanya ada 150 orang dan untuk katori pelajar ada 80 peserta," katanya.

Bupati HSS H Achmad Fikry mengatakan bahwa lomba balogo harus dilestarikan karena jenis permainan tradisional.

"Peserta sangat antusias dalam mengikuti lomba balogo. Baik dari pelajar dan masyarakat umum. Lomba balogo akan terus kita lestarikan," katanya.

Untuk ke depannya, bahwa permainan balogo bisa dijadwalkan dilakukan dalam kegiatan car free day sebulan sekali dikawasan Lambung Mangkurat Kandangan.(Banjarmasin Post/Aprianto)

Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help