BanjarmasinPost/

Berita Regional

Cumi-cumi Raksasa Sepanjang 15 Meter Pernah Ditemukan di Pantai Maluku Mei Lalu

Kendati memiliki ukuran yang tidak biasa dan terlihat seperti bangkai paus, namun aparat dari Kodim 1502/Masohi mengidentifikasi

Cumi-cumi Raksasa Sepanjang 15 Meter Pernah Ditemukan di Pantai Maluku Mei Lalu
youtube
Bangkai cumi raksasa 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Bulan Mei 2017 lalu warga dibuat gempar, pasalnya ditemukan bangkai hewan raksasa di pinggir pantai di Maluku Tengah.

Kendati memiliki ukuran yang tidak biasa dan terlihat seperti bangkai paus, namun aparat dari Kodim 1502/Masohi mengidentifikasi mahluk raksasa yang terdampar itu ternyata diketahui sebagai cumi-cumi raksasa.

Ukuran cumi-cumi raksasa yang terdampar di Pantai Hulung, Masohi itu begitu besar sehingga menyerupai perahu nelayan yang sedang bersandar.

Ketika diukur badan cumi-cumi raksasa panjangnya 15 meter dan beratnya diperkirakan mencapai 35 ton.

Menurut Dandim Masohi, Letkol Infantri Fikri Dalemunthe, pihaknya terus mengawasi dan sekaligus melakukan pengamanan terhadap bangkai cumi-cumi raksasa yang masih akan diteliti oleh Balai Konservasi Kelautan setempat.

Namun kondisi cumi-cumi raksasa yang mulai membusuk dikhawatirkan akan menimbulkan pencemaran di perairan sekitranya.

Sesuai data biologi kelautan cumi-cumi raksasa yang dikenal sebagai giant squid (genus Architeuhthis) merupakan jenis-jenis cumi-cumi yang hidup di laut dalam dan bisa memiliki panjang badan hingga 14 meter.

Simak videonya di sini:

Jika cumi-cumi raksasa yang terdampar di pantai Hulung panjangnya mencapai 15 meter berarti merupakan cumi-cumi jenis genus Architeuhthis terbesar di dunia.

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Sumber: Tribun Medan
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help