BanjarmasinPost/

Kriminalitas Balangan

Penggelapan 120 Tandan Buah Sawit Berhasil Dibongkar Polisi, Pelaku Singgah Dulu di Tempat Ini

Kasat Reskrim Polres Balangan, AKP Dany Sulistiono, Rabu (15/11/2017) membeberkan uraian singkat kejadian pada hari Senin, (13/11/2017)

Penggelapan 120 Tandan Buah Sawit Berhasil Dibongkar Polisi, Pelaku Singgah Dulu di Tempat Ini
Istimewa
Ini barang bukti sawit milik PT Perdasa Dinamika Lestari oleh dua pelaku yaitu MH alias IM dan RH alias MD. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PARINGIN - Satuan Reskrim Polres Balangan kembali menangani tindak pidana penggelapan barang.

Informasi dihimpun barang yang digelapkan adalah sawit milik PT Perdasa Dinamika Lestari oleh dua pelaku yaitu MH alias IM dan RH alias MD yang keduanya merupakan warga Desa Mampari RT 03 Kecamatan Batumandi, Balangan dan dilaporkan Majedi ke Polisi.

Kasat Reskrim Polres Balangan, AKP Dany Sulistiono, Rabu (15/11/2017) membeberkan uraian singkat kejadian pada hari Senin, (13/11/2017) sekitar pukul 00.30 Wita bertempat di Desa Mampari.

‪Berawal ketika kedua pelaku keluar dari kebun menggunakan sarana dump truk dengan muatan masing-masing sekitar 120 tanden buah sawit pada hari Minggu (12/11/2017) sekitar jam 16.00 wita, kemudian pelapor mengikuti perjalanan kedua pelaku.

"‪Ternyata pelaku tidak langsung membawa muatan sawit tersebut ke pabrik yang ada di Kabupaten Tabalong, melainkan singgah terlebih dahulu di rumah salah satu pelaku di Desa Mampari," jelasnya.

Kemudian lanjutnya, sekitar jam 00.00 wita kedua pelaku kembali bergerak dengan membawa muatan sawit tersebut ke suatu tempat di Desa Mampari yang disana sudah ada menunggu satu unit mobil pick up warna hitam.

"Setelah sampai di TKP kedua pelaku memindahkan sebagian buah sawit yang ada dalam dump truk mereka ke dalam mobil pick up tersebut," ujarnya.

Melihat kejadian tersebut pelapor langsung menghubungi anggota Polsek Batumandi untuk meminta bantuan.‬

‪"Setelah itu anggota Polsek Batumandi mencegat pelaku yang sudah bergerak setelah melakukan pemindahan muatan buah sawit tersebut, serta langsung mengamankan kedua pelaku dan barang bukti ke Polsek Batumandi," katanya.

Atas kejadian tersebut pihak perusahaan mengalami kerugian sekita Rp.3.000.000, saat ini kedua pelaku tersebut di Polres Balangan guna proses lebih lanjut.‬

"Barang bukti yang diamankan adalah satu unit Dump truk warna kuning No. Pol : DA 1203 FA, satu unit Dump truk warna kuning No. Pol : DA 1081 AF, satu unit mobil Daihatsu Pick Up warna hitam No. Pol : DA 9850 CI, Buah sawit sebanyak 120 tanden, serta uang sebesar Rp 1.150.000," tutupnya.

Penulis: Elhami
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help