Berita Hulu Sungai Tengah

Motif Terinspirasi dari Tumbuhan Ini Antarkan PKK HST Juara Lomba Desain Sasirangan Se-Kalsel

Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Tengah, berhasil meraih juara kedua, lomba desain motif sasirangan, yang diselenggarakan Dekranasda

Motif Terinspirasi dari Tumbuhan Ini Antarkan PKK HST Juara Lomba Desain Sasirangan Se-Kalsel
istimewa
Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Tengah, berhasil meraih juara kedua, lomba desain motif sasirangan, yang diselenggarakan Dekranasda Kalsel beberapa waktu lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI- Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Tengah, berhasil meraih juara kedua, lomba desain motif sasirangan, yang diselenggarakan Dekranasda Kalsel beberapa waktu lalu.

Desain motif yang mengantarkan PKK HST meraih predikat juara II tersebut, diberi nama Alang Am, karya Masfah, dari Bunga Sasirangan.

Satunya lagi, motif banih lintuk, karya Diansyah dari Murakata Sasirangan HST.

Masfah memilih motif Alang Am, dengan tujuan memperkenalkan keindahanan alam dan budaya suku Dayak Meratus di HST, yang tersebar di Kecamatan Batangalai Selatan, Batangalai Timur dan Hantakan.
Harapannya, melalui melalui kain sasirangan, ciri khas motif dayak meratus tersebut dikenal lebih luas lagi.

Alang Am adalah jenis tumbuhan pakis yang banyak terdapat di lereng pegunungan Meratus.

Baca: Demi Percantik Barabai, Pemkab HST Anggarkan Rp 40 Miliar untuk Trotoar

Oleh warga suku Dayak Meratus di HST, batang tumbuhan yang daunnya kecil-kecil ini digunakan untuk membuat gelang simpai, dengan cara dianyam.

Gelang tersebut biasanya dipakai saat upacara adat.

Selain dibuat gelang, alang am, diaplikasikan pada motif kerajinan anyaman bakul dan butah.

Budaya dan kearifan lokal warga Bumi Murakata, juga menjadi ide Diansyah, yang menciptakan banih lintuk atau dalam bahasa Indonesia, padi merunduk, sebagai spirit warga HST yang rendah hati dan mencintai lingkungan hidup.

Uniknya, untuk sasirangan dengan desain motif ini, DIansyah menggunakan pewarna alami, yaitu serbuk kayu ulin.

Baca: Wow! Daun Pakis di Sawah Pukau Juri, Inilah Mencari Motif Sasirangan Baru Melalui Ini

Kayu ulin, adalah jenis kayu yang tumbuh di Pegunungan Meratus HST, dan saat ini masih banyak terdapat di Kecamatan Batangalai Timur.

Kabag Humas PemkaB HST, Ramadhan, Kamis (16/11/2017) menjelaskan, untuk motif padi lintuk, pembuatnya terinspirasi dari sifat tawadhu padi, yang makin berisi makin merunduk, atau filosofi kerendah hatian idelanya seorang yang berilmu.

“Serbuk kayu ulin yang digunakan, menbuat produk ini ramah lingkungan,” kata Ramadhan.

Dijelaskan, terpilihnya TP PKK sebagai juara II, menjadi indikasi pembinaan yang dilakuka TP PKK HST melalui Dekranasda berjalan baik.

Sharing informasi dan teknologi pun sering dilakukan antar perajin sasirangan di HST, untuk menciptakan desain, baik dari sisi motir maupun teknik pewarnaan.

Jumlah perajin sasirangan di HST pun kini meningkat, baik dibawa binaan Dekranasda, Disperindag maupun DInas Tenaga Kerja. (*)

Penulis: Hanani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved