Kampusiana

Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM Harapkan Ada Solusi Peningkatan Produk

Selama ini produk mutu dari perikanan dan kelautan Indonesia tergolong rendah dibanding negara-negara lain.

Fakultas Perikanan dan Kelautan ULM Harapkan Ada Solusi Peningkatan Produk
BANJARMASINPOST.co.id/milna sari
Seminar nasional perikanan dan kelautan terkait meningkatkan pembangunan perikanan dan kelautan berbasis mutu dan berkelanjutan di Grand Q Dafam Hotel Banjarbaru, Sabtu (18/11/2017). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Selama ini produk mutu dari perikanan dan kelautan Indonesia tergolong rendah dibanding negara-negara lain.

Hal ini lah membuat Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) mengadakan seminar nasional perikanan dan kelautan terkait meningkatkan pembangunan perikanan dan kelautan berbasis mutu dan berkelanjutan di Grand Q Dafam Hotel Banjarbaru, Sabtu (18/11/2017).

Termasuk Kalsel, jelas Dekan FPK ULM, Pahmi Ansyari, masih tergolong rendah dalam hal produk mutu akibatnya harga ikan di pasaran masih rendah.

Oleh karena itu melalui seminar diharapkan akan muncul solusi untuk peningkatan pembangunan perikanan dan kelautan berbasis mutu yang berkelanjutan.

"Kita memikirkan bagaimana agar peningkatan mutu dan hasil ini bisa berkelanjutan tidak habis dalam beberapa tahun," jelasnya.

Dengan berkelanjutan, maka generasi penerus bisa terus menikmati hasil laut dan perikanan.

Selain seminar, kali itu juga diadakan penandatanganan kerjasama antara Balai Sertifikasi Industri, Dinas Perikanan dan Kelautan HSS, Balangan dan Banjarmasin.

"Kita harapkan dengan adanya kerjasama ini pemerintah dalam melaksanakan program juga tatap memertimbangkan kajian ilmiahnya yang biasanya dari kampus dan mungkin mahasiswa kami nanti bisa magang di tempat mereka juga," jelasnya.

Sementara Kadis DKP, Syaiful Azhari, mengatakan saat ini produk olahan ikan dari Kalsel kebanyakan masih berupa kerupuk, amplang dan itu-itu saja.

Selain itu pengolahan ikan masih diproduksi skala usaha rumah tangga.

"Oleh karena situ kita bekerjasama dengan balai pengolahan ikan untuk menambah wawasan masyarakat dalam pengolahan ikan," ujarnya. (BANJARMASINPOST.co.id/milna sari)

Penulis: Milna Sari
Editor: Ernawati
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved