hotline

Penutupan U-Turn Membingungkan

Saya warga Banjarmasin heran dengan kebijakan Dishub Kota Banjarmasin yang menutup U-Turn di beberapa titik di Jl Brigjen H Hasan Basri.

Penutupan U-Turn Membingungkan
Banjarmasinpost.co.id
Hot Line BPost 0816215000 

BANJARMASIN - Saya warga Banjarmasin heran dengan kebijakan Dishub Kota Banjarmasin yang menutup U-Turn di beberapa titik di Jl Brigjen H Hasan Basri. Akibatnya kawasan itu selalu macet karena hanya satu U Turn yang bisa dimanfaatkan.

Padahal, sewaktu belum ditutup, titik itu bisa mengurai kemacetan, karena pengguna bisa mengunakan U-Turn di beberapa tempat untuk belok.

Ironisnya, di depan pintu gerbang ULM seharusnya tidak perlu ditutup permanen. Padahal kampus ULM adalah ikon daerah. Bagaimana kalau pejabat dari pusat ke ULM, apakah harus berputar jauh dulu.

Sementara di Jalan S Parman justru beberapa U-Turn dibiarkan terbuka seperti di depan Kodim dan RS Islam, kenapa tidak ditutup tidak berani ya? Kawasan itu sering macet panjang karena kendaraan dari dua arah kerap berbelok.

Dari kondisi seperti ini sudah saatnya Dishub Kota mempertimbangkan kembali penutupan U-Turn dengan bijak, tidak seenaknya saja. 081348843436

TANGGAPAN:
AGAR diketahui tugas pokok Dinas Perhubungan (Dishub) adalah membuat arus lalu lintas lancar dan aman bagi pengendara lainnya.

Penutupan U-Turn di sepanjang Kayu tangi berdasar hasil rapat Forum LLAJ dimana berdasarkan data ada 9 konflik lalu lintas yang terjadi di depan U Turn ULM dan berdasarkan data dari Lantas tingkat kecelakaan di sana sangat tinggi.

Jadi penutupan U Turn tidak berdasarkan suka tidak suka, nyaman tidak nyaman atau dekat jauh, tetapi mengutamakan keselamatan pengguna jalan lainnya yang setiap hari berlalu lintas di sana.

Mengenai adanya kemacetan yang terjadi di U Turn SMK 4 karena kami belum melakukan apa-apa di sana. Agar saudara ketahui bahwa jalan Brigjen Hasan Basri adalah jalan negara, sehingga kami belum men-treatmen U-Turn tersebut, karena Balai Jalan menganggarkan perubahan di sana pada awal 2018.

Inshaa Allah akan dibuat celukan di sisi lajur kiri dan perubahan bentuk U-Turn nya di lajur kanan, serta penarikan posisi U Turn lebih masuk ke dalam dan akan ada marka jalan.

Jadi, walaupun ada pelambatan arus lalu lintas di sekitar SMK 4, yang penting kita men-zero-kan Laka Lantas di persimpangan Kayu Tangi I, depan ULM dan di depan Dinas PU. Selain itu penutupan U-Turn didasarkan perhitungan teknis.

Seharusnya jalan nasional yang berfungsi sebagai arteri primer tidak ada hambatan seperti U Turn, parkir di bahu dan badan jalan. Jadi seharusnya berdasarkan UU, Jalan Brigjen Hasan Basri yang termasuk katagori jalan Nasional tidak ada sama sekali U-Turn.

Mengenai U-Turn di Jalan S Parman, di tahun 2018 akan kami lakukan rekayasa juga, jadi penataan lalu lintas dilakukan secara bertahap dan step by step, jadi tidak berdasarkan berani atau tidak berani.

Pembuatan jalan dengan anggaran dari negara tidak diperuntukan hanya untuk pejabat, tetapi dibangun untuk seluruh masyarakat pengguna jalan yang membayar pajak. Jadi Dishub dan Kepolisian bekerja bukan hanya untuk menyenangkan pejabat pusat, tetapi untuk seluruh masyarakat. Demikian dan terima kasih atas perhatiannya.

DRS ICHWAN NOOR CHALIK MSI
Kepala Dishub Kota Banjarmasin

Editor: BPost Online
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved