BanjarmasinPost/

Berita Kotabaru

Jadi Pintu Masuk, Polsek Perketat Penjagaan di Kecamatan Ini, Ada Apa Ya?

Mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban, anggota Kepolisian Sektor Kelumpang Barat terus mengitensifkan patroli

Jadi Pintu Masuk, Polsek Perketat Penjagaan di Kecamatan Ini, Ada Apa Ya?
Istimewa
Mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban, anggota Polsek Kelumpang Barat terus mengitensifkan patroli di wilayah mereka. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Kecamatan Kelumpang Barat salah satu kecamatan berada di daratan Kalimantan. Goegrafis letak kecamatan ini juga merupakan 'pintu' masuk ke beberapa kecamatan lainnya.

Antara lain Kecamatan Kelumpang Tengah, Kelumpang Utara, Pamukan Selatan dan Kecamatan Sampanahan Kabupaten Kotabaru. Selain letak geografis sebagai pintu masuk, Kelumpang Barat berada di jalan trans Provinsi Kalsel-Kaltim.

Menyusul hal itu. Mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban, anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Kelumpang Barat terus mengitensifkan patroli di wilayah mereka.

Upaya dilakukan selain melaksanakan patroli rutin. Namun pengecekan keaktifan poskamling di wilayah Kelumpang Barat terus digiatkan saat kegiatan sambang desa.

Kapolres Kotabaru AKBP Suhasto SIK melalui Kapoksek Kelumpang Barat Iptu Suroto mengatakan, kegiatan patroli malam dilakukan agar membuat merasa aman saat beristirahat setelah seharian beraktivitas.

Suroto mengakui, letak geografis kecamatan Kelumpang Barat yang menjadi pintu masuk menuju kecamatan lainnya, menjadi perhatian pihaknya dalam menjaga situasi kamtibmas agar tetap kondusif.

"Kegiatan ronda malam untuk mengecek kegiatan poskamling dilaksanakan anggota Bhabinkamtibmas Brigadir Eko Budi Sulistiono dengan binaan Desa Tanjung Sari," ujarnya.

Menurut Suroto, selain wilayah desa binaan salah satu anggot Bhabinkamtibmas, Tanjung Sari merupakan akses menuju ke salah satu kecamatan.

Maka dari itu, saat pengecekan keaktifan poskamling, anggota bhabinkamtibmas sekaligus memberikan imbauan agar menginggatkan kewaspadaan masyarakat terhadap orang yang tidak dikenal.

Tidak kalah penting, ketika petugas ronda malam bertugas diminta saat melakukan ronda pabila agar mengingatkan kepada warganya untuk memgunci pintu rumah dan menyalakan lampu di depan rumahnya.

"Karena jarak antar rumah agak berjauhan dengan rumah yang lain," pesannya.

Ditambahkan dia, sambang poskamling ini kegiatan rutin dilakujan Bhabinkamtibmas selain memberikan arahan kepada warganya juga menjadi salah satu metode penyampaian informasi kepada Polri khususnya Polsek Kelumpang Barat untuk dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Alhamdulillah kegiatan ini mendapat apresiasi masyarakat Desa Tanjung Sari. Mereka merasa terayomi dan merasa bahwa tugas keamanan anggota polri akan berhasil apabila masyarakat juga turut serta menjaganya serta melaksanakan kegiatan salah satunya dengan cara membuat poskamling di lingkungan mereka sendiri," tandasnya.

Penulis: Herliansyah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help