Berita Banjarmasin

Data UKM Belum Valid, Yandi Beharap Forum Dinas Bisa Merumuskan Masalah

al itu ia paparkan pada acara Rapat Pemberdayaan Koperasi dan UKM Antara Provinsi dan Kabupaten Kota, Rabu (22/11/2017).

Data UKM Belum Valid, Yandi Beharap Forum Dinas Bisa Merumuskan Masalah
BANJARMASINPOST.co.id/isti rohayanti
Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Selatan, Gustafa Yandi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Selatan, Gustafa Yandi sampaikan bahwa saat ini data usaha kecil dan menengah yang ada di provinsi Kalimantan Selatan masih belum valid.

Hal itu ia paparkan pada acara Rapat Pemberdayaan Koperasi dan UKM Antara Provinsi dan Kabupaten Kota, Rabu (22/11/2017).

Berbeda dari tahun 2006, lelaki yang akrab disapa Yandi itu mengatakan data yang dimiliki oleh pemerintah provinsi sudah terperinci. Sehingga kewenangan masing-masing dinas lebih jelas.

Sedangkan pada tahun 2016, data dari sensus ekonomi tersebut telah digabungkan. Dimana usaha mikro dan pelaku usaha kecil digabung.

Begitupun data pelaku usaha menengah dan usaha besar. Hal itulah yang membuat data pelaku usaha masih belum valid.

"Saya yakin juga kalau dibandingkan 2006 sampai 2016 , usaha mimro pasti ada yang meningkat. Dari kecil juga ada yang meningkat menjadi usaha menegah. Nah, inilaah tantangan kami bagaimana merinci data. Berapa pelaku usaha mikro dan berapa menengah agar jelas kewenangan kota dan provisni," ucap Yandi.

Kemudian dijelaskan olehnya pula apabila melihat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Provinsi Kalsel, kemudian membuka halaman yang bersinggungan akan koperasi dan UMKM, ia menyampaikan kepada peserta rapat sejauh ini masih belum jelas berapa target yang dicapai.

Lantas kedepannya, melalui forum rapat tersebut Ia berharap menjadi kesempatan untuk merumuskan permasalahan kurang valid dan singkronnya data usaha. Sehingga tidak terjadi tumpang tindih. (Banjarmasinpost.co.id/isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved