Berita HSS

NEWSVIDEO: Puluhan Ibu-Ibu di HSS Dilatih Pembuatan Samu Asap

Semua dilakukan secara kelompok. Mereka dibagi menjadi empat kelompok untuk membuat samu asap yang bahan bakunya dari ikan air tawar.

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Sebanyak 20 perempuan begitu antusias mengikuti pelatihan pembuatan samu asap yang digelar Dinas Tenaga Kerja, Koperasi Usaha Kecil dan Perindustrian Hulu Sungai Selatan (HSS), Selasa, (21/11/2017).

Mereka mengikuti arahan yang diberikan oleh instruktur, mulai dari awal menyiapkan ikan, membuat bumbu, mengoleskan bumbu hingga cara melakukan pengasapan.

Semua dilakukan secara kelompok. Mereka dibagi menjadi empat kelompok untuk membuat samu asap yang bahan bakunya dari ikan air tawar.

Para peserta yang mengikuti kegiatan merupakan perwakilan dari organisasi dharma wanita HSS, PKK HH, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) HSS, Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) HSS.

Baca: Frans Dongkrak Mental Pemainnya Jelang Babak Semifinal Melawan Persebaya

"Pelatihan membuat samu asap ini baru perdana kita ikuti. Sehingga akan dimaksimalkan selama latihan," kata Ridawati.

Peserta latihan dari organisasi Iwapi HSS ini menuturkan bahwa setelah latihan selesai, ilmu yang didapat akan ditularkan kepada rekan-rekannya di Iwapi HSS.

Instruktur pelatihan pembuatan samu asap ada dua orang. Mereka berasal dari Banjarmasin yakni Anna Maulina dan Siti Asnah.

"Pembuatan samu asap perlu proses. Mulai dari peresapan bumbu hingga proses pengasapan," kata Siti Asnah.

Baca: Babak Semifinal Persebaya Vs Martapura FC Digelar Malam Hari, Bagaimana Komentar Frans?

Ikan yang menjadi bahan baku samu asap bisa dari jenis ikan air tawar seperti sapat siam, haruan dan papuyu.

"Bila membuat samu asap dengan benar dan kondisi ikannya kering saat proses pengasapan, ikan samu asap bisa bertahan hingga dua bulan," katanya.

Pelatihan samu asap dilakukan selama dua hari. Hari pertama latihan membuat samu asap versi orisinil dan hari kedua akan membuat samu asap rasa pedas manis.

Kabid Industri Disnakerkop UKP HSS Syamsudin mengatakan kegiatan pelatihan pembuatan samu asap diharapkan bisa menumbuhkan keterampilan berwirausaha di HSS.

"Untuk pelatihan samu asap dilakukan selama dua hari. Peserta ada 20 orang dari organisasi yang ada di Kabupaten HSS seperti Dharmawanita, PKK, GOA dan Iwapi. Masih ada lima perwakilan," katanya.

Setelah latihan selesai, pihaknya berharap peserta bisa menularkan ilmunya kepada rekan-rekannya di dalam satu organisasinya masing-masing.

Sebelumnya, pihaknya juga sudah menggelar pelatihan untuk pembuatan kue kering yang sudah dilaksanakan 15-17 Nopember, pembuatan kering basah 18-20 Nopember.

Untuk total semua peserta yang mengikuti pelatihan ada 60 orang. Pelatihan dimulai dari pukul 09.00 Wita hingga 13.30 Wita.(Banjarmasin Post/Aprianto)

Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved